Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Bengkalis Raih Penghargaan APE

Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Bengkalis Raih Penghargaan APE

20 Desember 2023
Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Wabup Bagus. serta Plt Kepala Dinas PPPA Bengkalis, Tasril Akmal

Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Wabup Bagus. serta Plt Kepala Dinas PPPA Bengkalis, Tasril Akmal

RIAU1.COM - Sejak tahun 2004, akhirnya di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni, Pemerintah Kabupaten Bengkalis meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Seperti itu disampaikan Plt Kepala Dinas PPPA Bengkalis, Tasril Akmal, pada peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Bengkalis, yang di hadiri langsung Bupati Bengkalis Kasmarni, Selasa 19 Desember 2023.

"Dengan melalui proses yang panjang dan dengan kerjasama semua lintas sektoral, serta dukungan kuat Ibu Bupati Bengkalis Kasmarni, prestasi ini dapat kita raih. Hal ini merupakan kali pertama Kabupaten Bengkalis meraih APE, dalam bidang Pengarusutamaan Gender," kata Plt Kadis PPPA.

Pengumuman APE ini, lanjutnya, diikuti Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas PPPA, lewat zoom meeting yang digelar Kemen PPPA Republik Indonesia, pada pukul 16.00 WIB, Selasa 19 Desember 2023.

"APE ini adalah penganugrahan yang diberikan Kemen PPPA kepada Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam strategi pengarusutamaan gender," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan terima kasih atas usaha bersama dalam memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2023.

"Kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sedari awal tetap berkomitmen serta memberikan akses yang selebar-lebarnya bagi ibu-ibu untuk ikut berpartisipasi, bersinergi serta berdaya agar memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, baik dalam pembangunan ekonomi, politik, sosial dan sebagainya. Dan ini merupakan bentuk strategi pengarusutamaan gender," papar dia. 

Sambung dia, penghargaan yang diraih adalah berkat kerjasama seluruh pihak dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera, melalui pemberdayaan wanita sebagai upaya pengarusutamaan gender.

"Selamat dan tahniah, semoga prestasi ini tidak yang pertama dan terakhir, namun dapat berkelanjutan kita peroleh. Apa lagi akses pemberdayaan bagi kaum ibu telah kami tuangkan dalam program perempuan berdaya dan keluarga sejahtera, dimana program tersebut merupakan salah satu dari delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis,"demikian Kasmarni.*