Bengkalis Sukses Panen Raya Bawang Merah di Lahan Gambut

Bengkalis Sukses Panen Raya Bawang Merah di Lahan Gambut

4 Desember 2023
Panen Raya Bawang Merah di Bengkalis

Panen Raya Bawang Merah di Bengkalis

RIAU1.COM - Panen raya bawang merah dilahan gambut mendapat apresiasi Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso. Dan dia berharap menjadi contoh untuk membangkitkan gairah para petani lokal yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Seperti itu disampaikan wabup Bagus saat menghadiri panen raya bawang merah Kelompok Balai Benih Taman Sari Bantan Tua, Ahad 3 Desember 2023.

"Apresiasi kami berikan pada Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Bengkalis, atas kreatifitas dan inovasinya yang telah mencoba mengembangkan tanaman bawang merah dengan sistem demonstrasi plot di BBU Taman Sari ari Kecamatan Bantan ini. Alhamdulillah, sebagaimana kita saksikan, yang awalnya hanya mencoba, ternyata berhasil dan dapat memberikan hasil yang maksimal," papar dia.

Sambung dia lagi, berkat tantangan dingin para tersebut, bisa berinovasi menemukan peluang besar di lahan gambut, karena terbukti, bahwa pengembangan tanaman bawang merah, dapat dikembangkan dan dilakukan di daerah ini, tentunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada, karena dengan teknologi dan inovasi, bisa merubah strategi di bidang pertanian.

"Harapan kami, melalui dinas teknis serta rekan-rekan penyuluh pertanian, apa yang kita hasilkan dari awalnya hanya mencoba ini dapat disosialisasikan, agar para petani kita bisa mengembangkan komoditas bawang merah di lokasi pertaniannya masing-masing. Apalagi komoditas bawang merah saat ini merupakan penyumbang tertinggi terhadap inflasi nasional,"harapnya.

Loading...

Sambung Bagus, apabila komoditas bawang merah ini dapat dikembangkan serta berhasil secara maksimal di daerah ini, maka yang semula pasokan bawang merah masih didatangkan dari luar daerah, kedepannya bisa memproduksinya sendiri, sehingga harga komoditas bawang merah di daerah ini dapat ditekan, yang pada akhirnya akan bermuara pada terciptanya kesejahteraan bagi petani dan juga masyarakat.

"Apresiasi juga kami berikan atas upaya dan kerjasama yang telah dilakukan oleh DTPHP Kabupaten Bengkalis, LPPM  UIN Suska, DTPHP Provinsi Riau melalui UPT Perbenihan dan Sertifikat Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura serta bimbingan dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, sehingga Bengkalis telah memiliki produk unggulan lokal durian yang terdaftar dan diakui sebagai milik Kabupaten Bengkalis,"ucap Bagus.*