Bupati Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso Dipinang untuk Pemberian Gelar Adat

Bupati Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso Dipinang untuk Pemberian Gelar Adat

19 Desember 2023
Prosesi peminangan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis untuk menerima gelar adat

Prosesi peminangan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis untuk menerima gelar adat

RIAU1.COM - Prosesi meminang guna penabalan gelar Adat Melayu kepada Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso dilakukan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis awal pekan ini.

Dalam prosesi meminang, Datuk Syaukani Al-Karim sebagai penyampai pinangan terhadap orang nomor satu di Negeri Junjungan beserta wakilnya.

Sementara sebagai penyambung lidah Bupati Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso  Datuk Isnaini.

Usai menerima pinangan tersebut, rencananya penabalan gelar adat akan dilaksanakan Rabu pagi, 20 Desember 2023 di balai kerapatan Wisma Sri Mahkota Jalan Antara Bengkalis.

Gelar yang diberikan oleh LAMR Bengkalis kepada Bupati Kasmarni yakni Seri Setia Amanah.

Sedangkan untuk Bagus Santoso gelar yang diberikan LAMR Kabupaten Bengkalis adalah Seri Timbalan Setia Amanah.

Selain itu, telah memandang Bupati Kasmarni sebagai pemimpin perempuan yang telah menunjukkan baktinya terhadap melayu, dan nilai keislaman di Negeri Junjungan, LAMR Kabupaten Bengkalis juga memberikan anugerah gelar adat kepada Bupati Bengkalis Kasmarni Seri Perdana Payung Negeri.

Kedatangan LAMR Kabupaten Bengkalis dengan menyampaikan hajat itu dilengkapi tepak sirih sebagai lambang kebesaran dan kehormatan orang Melayu untuk meminta izin dalam hal meminang secara adat.

Prosesi peminangan selain dihadiri dari LAMR Kabupaten Bengkalis Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Zainuddin Yusuf, Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Sofian Said serta rombongan.*