Desa Sungai Cingam Rupat Ditetapkan Sebagai Kampung Bahari Nusantara

Desa Sungai Cingam Rupat Ditetapkan Sebagai Kampung Bahari Nusantara

4 Desember 2023
Penetapan Desa Sungai Cingam Rupat sebagai Kampung Bahari Nusantara

Penetapan Desa Sungai Cingam Rupat sebagai Kampung Bahari Nusantara

RIAU1.COM - Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Johansyah Syafri bersama Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai diwakili Palaksa Letkol Laut (PM) Priatno, meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Senin 4 Desember 2023.

Peresmian terhadap 68 program KBN yang ada di Satuan Komando TNI AL yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia tersebut dipimpin secara serentak oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal dari Mayor Jenderal TNI Marinir Markos secara virtual, langsung dari Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Johansyah Syafri dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai beserta jajaran, yang telah menginisiasi, menggagas serta menjadikan Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat sebagai Desa Bahari Nusantara tahun 2023.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tentunya menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Bahari Nusantara ini, karena bagi kami, keberadaan KBN sangat bernilai strategis, selain sebagai bentuk kenyataan dan kehadiran TNI angkatan laut ditengah-tengah masyarakat, juga menjadi perwujudan komitmen TNI Angkatan Laut untuk membangun ketahanan wilayah maritim dari tingkat desa, karena desa diwilayah pesisir merupakan salah satu penyangga utama pertahanan negara,” kata Johan.

Loading...

Sambung dia, keberadaan desa bahari nusantara ini tentunya akan berkaitan erat dengan upaya pengembangan berbagai potensi yang ada di desa ini tambah Johan, khususnya potensi pariwisata bahari, mengingat, pulau Rupat merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang kelak diharapkan dapat mendukung berbagai program pembangunan nasional serta menjadikan masyarakat pesisir hidup lebih maju dan sejahtera.

"Selamat buat Desa Sungai Cingam Kecamatan Rupat, buktikan bahwa masyarakat Desa Sungai Cingam siap bersinergi dan mendukung program TNI Angkatan Laut, terus bangun kerjasama dan saling melengkapi antara pemerintah desa, masyarakat dan TNI AL. Semoga melalui momentum peresmian desa bahari nusantara ini, nyala terang desa-desa pesisir yang ada di negeri junjungan ini akan semakin nyata, yang di awali dengan Desa Sungai Cingam, berkat dukungan TNI AL,” pungkasnya.*