Disdukcapil Bengkalis ke KAT untuk Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Disdukcapil Bengkalis ke KAT untuk Wujudkan Kabupaten Layak Anak

18 Maret 2023
Disdukcapil Bengkalis turun ke Desa Kelemantan

Disdukcapil Bengkalis turun ke Desa Kelemantan

RIAU1.COM - Bagian dari upaya memenuhi hak anak akan dokumen kependudukan di Kecamatan Bengkalis, Tim Jebol Master yang dipimpin Masadi Kepala UPT. Disdukcapil Kecamatan Bengkalis turun ke Desa Kelemantan, Kamis, 16 Maret 2023.

Tujuan ke Desa Kelemantan untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat khususnya Akta Kelahiran bagi masyarakat Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Kepala Disdukcapil Ismail melalui Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Bengkalis Masadi mengatakan UPT. Disdukcapil Kecamatan Bengkalis bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kelemantan untuk melakukan pelayanan pembuatan Akta Kelahiran bagi masyarakat KAT di Desa Kelemantan.

"Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah 114 (seratus empat belas) anak yang belum memiliki Akta Kelahiran," kata Masadi.

Lalu Masadi menjelaskan bukan saja akta kelahiran diberikan layanan tetapi pada kesempatan itu juga turut diberikan layanan KIA dan dokumen kependudukan lainnya.

"Kerja sama dilakukan untuk semua Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Bengkalis dalam memenuhi dokumen kependudukan yang
belum dimiliki oleh masyarakat," ujarnya. 

Target yang ingin dicapai 100% penduduk memiliki dokumen kependudukan secara lengkap, baik anak-anak maupun penduduk dewasa.

Menurut Kepala Desa Kelemantan Nangak mengucapkan terimakasih kepada Disdukcapil Kabupaten Bengkalis khususnya UPT. Disdukcapil Kecamatan Bengkalis yang pada hari ini turun ke Desa Kelemantan untuk melakukan layanan pembuatan Akta Kelahiran bagi anak-anak yang belum mempunyai Akta Kelahiran.

"Masyarakat kami merasa senang karena Tim Jebol Master Disdukcapil langsung turun ke Desa kami memberikan layanan dan masyarakat kami tidak perlu
lagi ke Bengkalis yang jaraknya cukup jauh, tingginya jumlah anak Desa Kelemantan yang belum memiliki Akta Kelahiran disebabkan jauhnya jarak Desa Kelemantan ke UPT. Disdukcapil Kecamatan Bengkalis," katanya.


Nangak juga memberikan apresiasi kepada Disdukcapil yang pada saat ini telah 
memberikan layanan untuk memperoleh dokumen kependudukan kepada masyarakat dengan mudah, cepat dan gratis.

"Disetiap kesempatan kami terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat melengkapi dokumen kependudukan seperti KK, KTP-el, Akta Kelahiran, KIA dan lain sebagainya," ujarnya.*