Lintas Sektor Diingatkan Wabup Bengkalis Berkolaborasi dalam Pelayanan Kesehatan

Lintas Sektor Diingatkan Wabup Bengkalis Berkolaborasi dalam Pelayanan Kesehatan

28 September 2023
Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso bersama nakes

Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso bersama nakes

RIAU1.COM - Lokakarya Mini (Lokmin) Puskesmas di Kabupetan Bengkalis dibuka langsung Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso.

Lokmin bertujuan untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim, baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Wabup Bagus Santoso mengajak semua pihak lintas sektoral khususnya penanganan bidang pelayanan kesehatan untuk berkolaborasi saling mendukung sesuai kompetensi bidang masing- masing. 

“Bicara kesehatan bukan hanya tanggung jawab dinas kesehatan, di dalamnya ada pendidikan, sosial juga ketertiban keamanan dan lainnya,“ kata Bagus.

Lalu Bagus menambahkan, Kabupaten Bengkalis salah satu kabupaten yang peduli dengan jaminan kesehatan untuk penduduknya. 

Untuk itu pemkab telah memberikan pelayanan kesehatan UHC (Universal Healt Covarage) dengan sharing pemerintah pusat, provinsi dan anggaran dari APBD Bengkalis Rp84 miliar per tahun. 

"Warga hanya menunjukkan kartu identitas maka sudah berhak mendapatkan layanan kesehatan gratis," ujar Bagus. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pematang Duku, Emi Syarifuddin memaparkan, digelarnya lokakarya mini ini bermaksud untuk tergalangnya kerjasama tim, baik lintas program maupun lintas sektor. 

"Terpantaunya hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan dan teridentifikasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas,"sebut dia.*