Makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi di Bengkalis akan Dijadikan Aset Desa

Makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi di Bengkalis akan Dijadikan Aset Desa

16 Oktober 2023
Pembahasan pemeliharaan makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi

Pembahasan pemeliharaan makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi

RIAU1.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya H Amrizal bersama para tokoh menemui Bupati Bengkalis, Kasmarni membahas pembangunan makam Habib Abdurrahman Bin Yasin Ba'alawi yang berada di Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis, Senin, 16 Oktober 2023.

Ketua MUI Bengkalis, Buya H Amrizal mengungkapkan bahwa proses pembangunan makam tua di Pangkalan Batang tersebut sudah selesai dibangun atas dukungan Bupati Bengkalis.

"Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan bahwa agar kondisi makam saat ini dapat terawat dan terjaga, kiranya ada solusi dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk memfasilitasi tersebut," ujar H Amrizal.

Bupati Bengkalis Kasmarni mengucapkan terima kasih kepada MUI dan para tokoh agama yang mengkoordinir proses pembangunan makam ulama yang kabarnya hidup di tahun 1780-an tersebut.

"Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis Insya Allah akan tetap memberikan dukungan," ujar bupati Kasmarni.

Agar pemeliharaan dan penjagaan makam ini dapat berjalan dengan baik, jika saat ini makam tersebut merupakan aset Pemerintah Kabupaten Bengkalis, maka akan dilimpahkan ke desa untuk dijadikan aset desa yang di kelola melalui dana Bermasa.

"Tujuannya agar pemeliharaan makam tersebut lebih dapat diperhatikan secara fokus. Karena saat ini jika dilimpahkan kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami khawatir tingkat kefokusan dalam penjagaan kurang maksimal, mengingat sangking banyaknya kegiatan yang perlu dilakukan,"ujar dia.

"Kita juga berharap jika nanti dikelola oleh desa setempat, makam ini dapat terjaga dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, baik secara ekonomi, spritual dan sosial kebudayaan," papar bupati Kasmarni.*