Masyarakat Suku Sakai Terdampak Banjir Akhirnya Dapat Bantuan dari BPBD Riau

Masyarakat Suku Sakai Terdampak Banjir Akhirnya Dapat Bantuan dari BPBD Riau

16 Desember 2023
Pemukiman masyarakat Sakai yang terdampak banjir

Pemukiman masyarakat Sakai yang terdampak banjir

RIAU1.COM - Bantuan logistik untuk korban banjir yang menimpa masyarakat Suku Sakai di Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Bengkalis disalurkan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Riau.

Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal mengatakan, banjir dilokasi tersebut sudah berlangsung beberapa hari. Kemudian masyarakat yang rumahnya terendam juga sudah mengungsi.

“Kami sudah menyerahkan bantuan logistik untuk masyarakat Suku Sakai di Desa Pangkalan Libut, Kecamatan Pinggir, Bengkalis,” kata Edy, Sabtu (16/12). 

Adapun beberapa bantuan yang diberikan kepada masyarakat berjumlah 50 kepala keluarga yakni Gula 180 kg, Sarden 192 kaleng, Minyak goreng 96 liter, Kain sarung 90 lembar, Selimut 90 lembar, Goodie bag 90 buah dan Tenda 4x6 1 unit.

“Bagi masyarakat di daerah lain yang juga mengalami musibah banjir dan memerlukan bantuan, dapat menghubungi BPBD Riau,” ujarnya.

Sejauh ini daerah yang telah menetapkan status siaga banjir yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), namun status tersebut sudah berakhir pada tanggal 30 November lalu. Selanjutnya Kabupaten Bengkalis yang menetapakan Siaga Banjir hingga 31 Desember, dan Rokan Hulu baru mendapatkan info akan menetapkan status siaga banjir.

“Jadi baru beberapa daerah yang telah menetapkan status siaga, itupun Rohil sudah berakhir. Kalau Bengkalis mereka menetapkan status tanggap darurat. Status siaga darurat banjir minimal dua darah menetapkan, setelah itu baru kita menetapkan status siaga banjir untuk Provinsi,” papar M Edy Afrizal.*