Minim Inovasi, Produk UMKM Bengkalis Disebut Sulit Berkembang

Minim Inovasi, Produk UMKM Bengkalis Disebut Sulit Berkembang

5 Maret 2024
pembukaan pelatihan usaha kreatif produk daerah Pemkab Bengkalis

pembukaan pelatihan usaha kreatif produk daerah Pemkab Bengkalis

RIAU1.COM - Pelatihan usaha kreatif produk daerah diberikan diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pelatihan yang diinisiasi Dinas Koperasi UKM ini dipusatkan di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin 4 Maret 2024.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Johansyah Syafri saat membuka pelatuhan menyebutkan, Kabupaten Bengkalis memiliki sejumlah potensi yang dapat dikembangkan, karena masing-masing daerah, memiliki produk serta keunikan produknya tersendiri. 

"Namun, karena masih minimnya inovasi, promosi dan kreatifitas dari para pelaku UMKM, membuat segala potensi yang dimiliki sulit untuk maju dan berkembang, apa lagi untuk dapat bersaing secara global," sebut dia lagi.

Pembinaan dan pengembangan UMKM, tambah dia, akan terus dilakukan dengan berbagai macam strategi, salah satunya melalui pelatihan usaha kreatif produk daerah.

"Karena pelatihan ini membawa visi untuk melahirkan para wirausahawan yang mampu mengangkat potensi daerah yang memiliki kearifan lokal guna menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar nasional maupun global," sebut dia lagi.

Pemkab Bengkalis, tambah dia, juga bertekad untuk terus memperkuat dan menonjolkan aspek keunggulan yang melekat pada produk daerah, baik karena bahan bakunya, ciri khasnya, keunikannya, tradisinya, kearifan lokalnya maupun reputasinya. 

"Melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan usaha kreatif produk daerah ini, para pelaku usaha dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, mempromosikan maupun memasarkan produk-produk yang dihasilkan, sehingga akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku UMKM," papar dia.*