Penanganan Stunting, Pemkab Bengkalis Gelar Diklat Guru TK/Paud

Penanganan Stunting, Pemkab Bengkalis Gelar Diklat Guru TK/Paud

14 November 2023
Pembukaan Diklat Guru TK/PAUD se Bengkalis

Pembukaan Diklat Guru TK/PAUD se Bengkalis

RIAU1.COM - Guru Paud/TK diharapkan Bupati Bengkalis Kasmarni memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi pengetahuan dan pemahaman kepada anak didik tentang bahaya dan pencegahan sejak dini.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan dan Pembangunan Bustami HY ketika membuka secara resmi kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dan Penanggulangan Stunting Bagi Guru TK/Paud se-Kabupaten Bengkalis awal pekan ini.

Bustami mengatakan Guru TK/Paud harus mengetahui upaya dalam penanggulangan stunting dengan cara melakukan kegiatan pengasuhan stimulasi pada peserta didik dan melakukan intervensi sejak dini tumbuh kembang anak.

"Diklat yang dilaksanakan selain antar guru dapat bertukar pikiran juga sebagai upaya jalinan silaturahmi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan antar guru,"ujar Bustami.

Kemudian Bustami menambahkan, saat ini anak usia 0 hingga 6 tahun merupakan usia yang sangat penting dan menjadi kunci bagi perkembangan dimasa selanjutnya. Rangsangan pendidikan awal hendaknya harus memiliki peran yang sangat penting dimasa pertumbuhan.

"Pendidikan anak usia dini di anggap sebagai ujung tombak bagi pencegahan stunting di masyarakat khususnya Negeri Junjungan," tuturnya.*