SMKN 1 Rupat Jadi Percontohan Penanaman Kelapa Pandan Wangi

SMKN 1 Rupat Jadi Percontohan Penanaman Kelapa Pandan Wangi

15 Maret 2023
Penanaman kelapa pandan wangi di SMKN 1 Rupat

Penanaman kelapa pandan wangi di SMKN 1 Rupat

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri penanaman perdana kelapa pandan wangi dan talas ungu di SMKN 1 Rupat.

Syamsuar menjelaskan, kegiatan penanaman perdana yang dilakukan tersebut guna merubah mindset masyarakat agar tidak hanya menanam sawit saja.

"Apalagi Pulau Rupat ini sebagian besar tanahnya gambut, jadi tidak pas kalau hanya sawit karena tanaman ini kuat menyerap air sehingga menyebabkan kebakaran," kata Syamsuar, Selasa (14/3).

"Penanaman perdana ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan beberapa waktu yang lalu," sambung dia.

Syamsuar menjelaskan, terkait penanaman talas ungu telah ada yang berhasil, yakni di Rokan Hilir, tepatnya di Kecamatan Sinaboi.

"Talas ungu paling berhasil di Sinaboi, Rokan Hilir dan ini telah di ekspor ke luar negeri. Maka dari itu penanaman yang kita lakukan di sekolah ini bisa berhasil sehingga bisa mensejahterakan guru dan anak-anak yang ada di sekolah," terangnya.

Loading...

"Kegiatan ini kita harapkan juga bisa mendidik anak-anak agar pintar berwirausaha sehingga bisa mandiri serta menjadi contoh para petani yang ada di sini," pungkasnya.

Sebagai informasi, talas ungu yang ditanam sebagai percontohan seluas setengah hektar, dan diharapkan ke depannya bisa dikembang biakkan supaya lebih luas lagi. Sedangkan untuk penanaman kelapa pandan wangi seluas satu hektar.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Rupat, Syahril merasa terharu dan bangga serta menjadi kepuasan batin karena di dalam kesibukan Gubernur Syamsuar bisa berkunjung ke sekolahnya. 

"Untuk tahun 2023 ini akan dibangun 18 unit sekolah baru di Riau dan Alhamdulillah salah satunya ada di Pulau Rupat. Mudah-mudahan tahun 2023 ini bisa terwujud pembangunan SMKN 2 Rupat," ujarnya.*