Wabup Bagus Targetkan SAKIP Bengkalis Tahun Ini Predikat A

Wabup Bagus Targetkan SAKIP Bengkalis Tahun Ini Predikat A

15 September 2023
Wakil Bupati Bagus Santoso paparkan SAKIP Bengkalis

Wakil Bupati Bagus Santoso paparkan SAKIP Bengkalis

RIAU1.COM - Rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) di Premiere Hotel Pekanbaru, Kamis, 14 September 2023 diikuti Wakil Bupati Bengkalis, H Bagus Santoso.

Rapat evaluasi SAKIP ini mendengarkan paparan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang disampaikan langsung oleh Wabup, di hadapan Tim Evaluator SAKIP dari MENPAN-RB, diantaranya Aiaz Rajasa, Savina Ariani, Sely Kurniawan dan Nyoman Bagus, yang mengatakan bahwa kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini yang diharapkan dalam penilaian LAKIP tahun 2023 jadi meningkat.

"Pada tahun 2022, kita bersyukur mendapat penilaian SAKIP di predikat B. Kita berharap tahun ini dapat meningkat dalam penilaian yang lebih baik yakni predikat A," ujar Wabup Bagus Santoso.

Lalu Wabup menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah melakukan perbaikan pohon kinerja yang tujuannya agar lebih terarah fokus pada hasil yang benar-benar dirasakan masyarakat dengan meningkatkan 8 program strategis bupati. Akibatnya dari perbaikan pohon kinerja itu sudah dilakukan revisi perjanjian kinerja bupati sampai perjanjian kinerja perangkat daerah.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga sudah melakukan monitoring dan evaluasi capaian kinerja secara berkala dengan menggunakan teknologi informasi SICAKEP dan pengukuran kinerja individu melalui aplikasi kinerja yang dikelola oleh BKPP. Dan, sekarang Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah melakukan pengukuran kinerja sampai triwulan 2 tahun 2023 dan pengukuran kinerja triwulan 3 dalam proses pengukuran. Dan implementasi reward dan punishment yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bengkalis tahap ini baru sebatas melalukan pelaporan kinerja individu setiap bulannya dan apabila tidak melaporkan maka tunjangan kinerja ASN terkait akan ditangguhkan," papar Wabup.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah menyusun Laporan Kinerja Tahunan (LAKIP) dan sudah melakukan perbaikan kinerja akibat dari permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan program kegiatan, seperti memperbaiki proses pelayanan, sarana dan prasarana serta lebih menfokuskan arah kinerja ke program strategis bupati salah satunya penanggulangan kemiskinan daerah.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis dimasa Kepemimpinan Bupati Kasmarni dan Bagus Santoso sangat berkomitmen untuk menuntaskan kemiskinan. Hal ini merupakan upaya kita dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," sebutnya.

Selanjutnya, Wabup juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah memiliki kebijakan dalam evaluasi internal. Salah satunya telah memiliki Perbup nomor 21 tahun 2023 tentang Pedoman Evaluasi kinerja perangkat daerah yang dilaksanakan inspektorat, begitu juga telah disusun SOP terkait perencanaan daerah oleh Bappeda dan petunjuk penggunaan aplikasi SICAKEP oleh Bagian Organisasi.

"Dimasa Kepemimpinan KBS dan seluruh kabinet kita, sangat berkomitmen untuk pengembangan daerah yang kita cintai. Insya Allah dengan perbaikan SAKIP Pemerintah Kabupaten Bengkalis Kami siap menjemput Bengkalis Bermasa. Bermarwah, Maju dan Sejahtera," tutur dia.*