Masih Tahap Pengembangan, Tunda Beli Smartphone 5G Sampai Tahun 2020

Masih Tahap Pengembangan, Tunda Beli Smartphone 5G Sampai Tahun 2020

20 Februari 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - 5G akan secara resmi diluncurkan pada 2019, tetapi ponsel 5G pertama yang memasuki pasar tahun ini dapat dengan cepat dikalahkan oleh perangkat 5G yang diluncurkan menjelang akhir 2019 dan memasuki 2020.

Pembuat chipset smartphone Qualcomm telah mengumumkan modem 5G generasi kedua, Snapdragon X55, yang diklaim sebagai yang pertama di dunia yang dengan kemampuan kecepatan mencapai 7 Gbps.

Dilansir Techradar.com, dengan kecepatan internet tersebut, memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh film, aplikasi, acara TV, permainan, dan musik dalam hitungan detik.

Fitur yang lebih menarik dari Snapdragon X55 adalah fleksibilitasnya. Sementara modem 5G pertama Qualcomm (Snapdragon X50) dikembangkan dengan mempertimbangkan smartphone, Snapdragon X55 dirancang untuk bekerja di hampir semua aplikasi.

Modem 5G generasi kedua bisa digunakan pada sejumlah perangkat seperti telepon, hotspot Wi-Fi, laptop, tablet dan banyak lagi, untuk membantu 5G menjadi sesuatu yang dapat menghubungkan lebih banyak perangkat dari sekedar ponsel dan tablet.

Snapdragon X55 juga merupakan modem pertama yang mendukung jaringan 5G mandiri, memungkinkan ponsel Anda untuk melakukan semua tugasnya melalui koneksi cepat.

Snapdragon X55 juga mendukung hampir semua band (jaringan) di wilayah mana pun di seluruh dunia, yang berarti produsen tidak perlu membuat varian berbeda untuk wilayah yang berbeda untuk mengatasi tuntutan jaringan tertentu.

Qualcomm mengharapkan perangkat Snapdragon X55 pertama akan segera dirilis akhir tahun ini. Tapi, kemungkinan besar Snapdragon X55 akan benar-benar memegang perangkat andalan pada tahun 2020.