Toyota-Hino Siapkan Truk Bertenaga Hidrogen

Toyota-Hino Siapkan Truk Bertenaga Hidrogen

24 Maret 2020
Truk Hidrogen Toyota-Hino

Truk Hidrogen Toyota-Hino

RIAU1.COM - Toyota Motor Corporation dan Hino Motors sepakat untuk mengembangkan truk sel bahan bakar. Nantinya, truk heavy duty buatan Toyota-Hino itu hanya akan menggunakan bahan bakar hidrogen.

"Toyota dan Hino bertekad untuk mengambil tindakan proaktif menuju penyelesaian masalah lingkungan global sebagai salah satu tugas perusahaan yang paling penting. Kedua perusahaan telah menyatakan tujuan ambisius untuk mengurangi emisi CO2 pada tahun 2050 dan sedang mengembangkan teknologi kendaraan listrik untuk digunakan secara luas di masyarakat," tulis Toyota dalam siaran persnya, dilansir Detik.com, Selasa 24 Maret 2020.

"Untuk mencapai pengurangan lebih lanjut dalam emisi CO2, peningkatan besar akan diperlukan dalam kinerja lingkungan dari truk heavy-duty, yang menyumbang sekitar 60 persen dari total emisi CO2 dari kendaraan komersial di Jepang," lanjutnya.

Truk heavy-duty bertenaga hidrogen ini dikembangkan dengan menggunakan basis Hino Profia. Sasis dirancang khusus dengan kemasan optimal untuk kendaraan sel bahan bakar.

Sebagai penggerak, ada dua fuel cell stack yang baru dikembangkan untuk Toyota Mirai. Disebutkan, truk hidrogen ini bisa melaju hingga 600 km/j dan dikatakan memenuhi standar tinggi dalam performa lingkungan serta kepraktisan sebagai kendaraan komersial.

"Toyota dan Hino telah memposisikan hidrogen sebagai sumber energi penting untuk masa depan dan telah bekerja sama dalam mengembangkan teknologi dan berinovasi pada kendaraan sel bahan bakar selama lebih dari 15 tahun sejak uji coba demonstrasi bersama mereka dari bus sel bahan bakar pada tahun 2003," sebutnya.

Ke depan, Toyota dan Hino akan semakin memperkuat kemitraannya dan mempercepat upaya menuju terwujudnya masyarakat hidrogen. Truk hidrogen ini dibekali dengan tangki hidrogen bertekanan tinggi. Energi yang dihasilkan hidrogen itu nantinya disimpan di dalam baterai lithium-ion.