Sabtu, 19 September 2020

BISNIS

Impor di India dan Cina Meningkat jadi Faktor Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Harga TBS kelapa sawit di Riau periode 12 Agustus hingga 18 Agustus 2020 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp110,81 per kilogram atau mencapai 5,91 persen dari pekan lalu.

Baca Juga: Produktifitas TBS Sawit Capai 23,9 ton per hektare jadi Strategi PTPN V Ukir Prestasi di Tengah Pandemi



www.jualbuy.com

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami kenaikan menjadi Rp1.974,40 per kilogram," kata Defris, Selasa 11 Agustus 2020.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab kenaikan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini.

"Yakni, karena permintaan ekspor yang lebih kuat dan aktivitas restocking meningkat dari negara-negara pengimpor minyak sawit utama seperti India dan Cina," tuturnya.

Baca Juga: Gelar Pameran di Mal SKA Pekanbaru, Yamaha Banjir Promo

Selain hal tersebut, Defris melanjutkan, kenaikan harga TBS periode ini dipicu India meningkatkan pembelian pada bulan Juni, karena negara itu mulai melakukan relaksasi lockdown.

"Ekspor Malaysia, terutama produk CPO, ke India diperkirakan tetap kuat selama sisa tahun ini setelah pemerintah Malaysia menurunkan pajak ekspor, hal ini karena menjadi barometer dunia untuk harga CPO.

"Cina yang juga akan beralih ke minyak sawit setelah impor kanola dan kedelai terjerat perselisihan perdagangan, juga menjadi faktor naiknya harga TBS sawit periode ini," pungkasnya.





loading...
Loading...