Exynos 1080, Chipset Pesaing Snapdragon 865+ dari Samsung yang Bakal Hadir di Vivo Akhir Tahun ini

Exynos 1080, Chipset Pesaing Snapdragon 865+ dari Samsung yang Bakal Hadir di Vivo Akhir Tahun ini

9 Oktober 2020
Ilustrasi Chipset Exynos

Ilustrasi Chipset Exynos

RIAU1.COM - Vendor smartphone tidak hanya sekedar bersain dalam menghadirkan ponsel pintar dengan berbagai fitur mumpuni dan kualitas kamera yang ciamik.

Dapur pacu berupa chipset yang menjadi inti utama dalam menjalankan ponsel pintarnya juga menjadi perhatian khusus para vendor untuk terus dikembangkan.

Seperti Samsung yang mulai memperkenalkan chipset terbaru besutannya Exynos 1080 SoC dan digadang-gadang bakal menjadi pesain Snapdragon 865+.

Melansir Selular.id, Chip pintar itu dibangun pada proses 5nm yang akan menjadi proses LPE 5nm yang sama dengan Snapdragon 875, dan disebut-sebut mampu menawarkan efisiensi energi yang lebih baik.

Selain itu, chip baru ini juga menggunakan arsitektur CPU ARM Cortex-A78 bersama dengan arsitektur Mali-G78 yang baru.

Menurut data resmi ARM, A78 menawarkan peningkatan kinerja CPU sebesar 20 persen dibandingkan generasi terakhir A77, sedangkan G78 menawarkan kinerja 25 persen lebih tinggi jika dibandingkan dengan arsitektur G77 yang lebih lama.

Chip baru tersebut akan melakukan debut pertamanya akhir tahun 2020 ini, namun bukan pada perangkat Samsung sendiri, justru pada Vivo yang merupakan smartphone kelas middle up.

Chip baru ini diposisikan di pasar kelas menengah ke atas, yang diharapkan untuk ditemukan pada perangkat flagship, atau smartphone kelas menengah atas dari Samsung, juga OEM lain seperti Vivo.