Kamis, 28 Januari 2021

BISNIS

Arab Saudi Pangkas Produksi Minyak 1 juta Barel per hari jadi Faktor Eksternal Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Pekan ini

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 13 Januari hingga 19 Januari 2021 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp123,64 per kilogram atau mencapai 5,69 persen dari pekan lalu.

Baca Juga: Alfa Scorpii Pekanbaru Gelar Lomba Virtual Dance di @yamahariaukepri



www.jualbuy.com

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami kenaikan menjadi Rp2.297,95 per kilogram," kata Defris, Selasa 12 Januari 2021.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab penurunan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini. "Karena melesatnya harga minyak mentah menyusul pemberitaan, Arab Saudi bersedia secara sukarela untuk memangkas produksi minyaknya sebesar 1 juta barel per hari (bph)," tuturnya.

Baca Juga: Terus Merangkak Turun, Hari ini Emas Antam Dibanderol Rp952 per gram

Rata-rata harga CPO untuk kuartal pertama tahun ini akan berada di RM 3.650. Proyeksi tersebut disampaikan oleh CEO MPOC Datuk Dr Kalyana Sundram dalam acara Malaysian Palm Oil Trade Fair and Seminar Digital 2021.

"Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOC) memperkirakan harga CPO bisa menyentuh level tertingginya di RM 3.850/ton pada kuartal pertama tahun ini," pungkasnya.





loading...
Loading...