Bank Nagari Painan Jamin Masyarakat Bisa Gunakan Nagari Card untuk Berbagai Transaksi, Ini Keunggulannya

Bank Nagari Painan Jamin Masyarakat Bisa Gunakan Nagari Card untuk Berbagai Transaksi, Ini Keunggulannya

19 Januari 2023
Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menggunakan e-money Bank Nagari, bersama Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfiyanrika

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menggunakan e-money Bank Nagari, bersama Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan Helfiyanrika

RIAU1.COM - Masyarakat Painan Provinsi Sumatera Barat kini bisa melakukan transaksi non tunai diberbagai merchant dengan adanya E-Money Nagari Card. Tidak hanya bisa digunakan di Ibu Kota Kabupaten Pesisir Selatan saja, namun seluruh Indonesia merchant berlogo e-money.

Pimpinan Cabang Bank Nagari Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Helfiyanrika optimistis masyarakat bakal melirik e-Money Nagari Card sebagai alat transaksi non-tunai di tengah ketatnya kompetisi industri perbankan.

Optimisme tersebut sejalan dengan kian tingginya mobilitas masyarakat, sehingga akses pada layanan keuangan digital menjadi sebuah kebutuhan, apalagi Nagari Card hadir dengan turut membawa banyak kemudahan dan keuntungan bagi penggunanya.

"Kami di sini bahkan telah memetakan segmentasi pasarnya. Tak hanya pada nasabah semata, tapi juga masyarakat umum," kata Helfi pada Kamis 19 Januari 2023.

Bank Pembangunan Sumatera Barat itu secara resmi meluncurkan Nagari Card pada akhir Desember 2022 lalu, yang bersinergi dengan Bank Mandiri sebagai pemilik pasar dan sebaran merchant terluas serta leader di kancah bisnis kartu prabayar.

Selain memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya nasabah terhadap transaksi non-tunai, kehadirannya sekaligus sebagai tuntutan ekspansi dalam pengembangan inovasi layanan instrumen pembayaran berbasis digital yang semakin maju.

Helfi melanjutkan selain sebagai kebutuhan dan memberi kemudahan, optimisme akan cerahnya masa depan Nagari Card adalah seiring kebijakan perseroan yang memberi peluang pada lembaga, organisasi maupun komunitas memungsikannya sebagai ATM.

Dengan demikian Nagari Card tidak hanya dapat berfungsi sebagai alat pembayaran non-tunai, tapi juga bisa digunakan untuk layanan dan transaksi keuangan yang lebih luas seperti misalnya untuk tarik tunai dan transfer.

"Nah, dengan hanya satu kartu bisa untuk mengakses banyak layanan transaksi bank secara tunai maupun non-tunai," terangnya.

Nagari Card dijual melalui kantor cabang Bank Nagari yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat dan di sejumlah kantor perwakilan cabang lainnya di luar provinsi. Kemudian juga terdapat di merchant yang bekerja sama.

Helfi melanjutkan adapun keuntungan dan kemudahan yang diberikan Nagari Card adalah dapat digunakan di merchant mitra Bank Mandiri seperti pembayaran parkir Bandara Internasional Minangkabau, tol, merchant tempat wisata.

Pengguna tidak perlu aktivasi kartu, karena kartu langsung dapat digunakan setelah dibeli. Transaksi belanja tidak menggunakan PIN atau tanda tangan, melainkan dengan cara tapping ke mesin reader.

Transaksi dapat dilakukan pada Tol, Bandara, Parkir, Mini Market, dan seluruh Merchant berlogo e-money diseluruh Indonesia. Top Up dan Cek Saldo dapat dilakukan pada Mobile Banking, Kantor Cabang Bank Nagari.

Agen Lapau Nagari dan Aplikasi e-Commerce seperti Tokopedia, Shoppe, Blibli serta pada Aplikasi Link Aja, Gojek, Dana, dan Merchant berlogo e-money di seluruh Indonesia.

Bank tidak dapat melakukan pemblokiran kartu, karena pemegang kartu berhak untuk sewaktu-waktu mengakhiri penggunaan kartu e-Money Nagari Card.

Pemegang kartu berhak untuk menerima kembali dana yang tersisa pada kartu saat pemegang kartu mengakhiri penggunaan kartu dengan menyerahkan kartu ke kantor cabang Bank Nagari.

Saldo maksimal Rp2 juta dan minimal Rp0. Minimum Top Up saldo Rp20 ribu, dengan limit maksimal transaksi Top Up e-Money dalam satu bulan Rp20 juta.