Rabu, 06 Juli 2022

DUMAI

Kelompok Pembudidaya Ikan di Dumai Terima Bantuan Prasarana

news24xx


Saat penyerahan bantuan  Saat penyerahan bantuan

RIAU1.COM - Dinas Perikanan Kota Dumai menyerahkan sejumlah bantuan prasarana kepada 7 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang dilaksanakan di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Air Tawar, Jalan Balai Benih Ikan, Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Ahad (29/5/2022) pagi.

Baca Juga: Wali Kota Dumai Beri Amanah pada Pejabat Baru, Administrator hingga Pengawas

Bantuan yang berasal dari APBD Tahun 2022 ini, diberikan langsung oleh Wali Kota Dumai, H. Paisal, SKM, MARS secara simbolis didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai, Mukhlis Suzantri, S.Hut., T.MT.

Dalam sambutan dan arahannya, Wali Kota Dumai H. Paisal  mengatakan bahwa momentum ini tidak hanya sekedar seremonial memberikan bantuan, "Tetapi juga sebagai bentuk pembinaan dan pendampingan agar kelompok pembudi daya ikan di kota Dumai dapat mengoptimalkan produktifitas yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," tutur orang nomor 1 di Dumai.

Paisal berharap, bantuan yang sudah diberikan Pemko Dumai dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Pokdakan yang ada di Kota Dumai.

"Kami yakin Dinas Perikanan Kota Dumai telah selektif dalam memberikan bantuan prasarana ini kepada Pokdakan yang aktif di Kota Dumai. Jangan seperti yang sudah-sudah, karena sayang sekali jika bantuan banyak diberikan namun tidak ada hasilnya. Semoga bantuan yang sudah diberikan mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Dumai," pungkas Paisal.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Kota Dumai Mukhlis, dalam laporannya mengungkapkan bahwa pemberian bantuan ini merupakan salah satu strategi Pemko Dumai agar masyarakat memiliki kapasitas untuk menjadi mitra dalam pengembangan dan pengelolaan kegiatan budidaya perikanan serta meningkatkan produksi ikan di Kota Dumai.

"Adapun prasarana yang diserahkan kepada Pokdakan yaitu, benih ikan gurame sejumlah 8000 ekor, benih ikan patin 30.000 ekor, benih ikan lele 169.600 ekor, benur udang vaname 500.000 ekor, induk ikan lele 210," ungkap Mukhlis.

Tambahnya, selain menerima benih dan benur, Pokdakan juga mendapatkan bantuan Pakan Grower sebanyak 13,8 ton, Pakan Starter sebanyak 2,7 ton, Pakan PF.0 1,4 ton, Pakan Udang 1,2 ton, Kincir Air 2 unit, Bak Pendederan 5 buah, Tabung Oksigen 5 tabung, dan Peralatan Sortir sejumlah 5 buah.

"Adapun Pokdakan yang menerima bantuan pada kesempatan ini yaitu Pokdakan Bagan Lestari Kelurahan Bagan Besar, UPR Sejahtera Bersama, Pokdakan Camar Darat yang berada di Kecamatan Bukit Kapur. Kemudian ada Pokdakan Perwira 3, Pokdakan Putra Mandiri, dan Pokdakan Bintang Merdeka yang berada di Kecamatan Dumai Selatan. Dan terakhir Pokdakan Sei. Guntung yang berada di Kecamatan Medang Kampai," sebutnya.

Baca Juga: Pemko Dumai Kuliahkan 15 Orang di PCR, Beasiswa Sampai Tamat

Ia berharap, bantuan yang diberikan dapat memotivasi kelompok terutama anggota Pokdakan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan dan produktifitas pembudidaya serta meningkatkan produksi perikanan budidaya Kota Dumai.*





loading...
Loading...