Ini Lokasi Salat Idul Adha yang Disiapkan Pemko Dumai

Ini Lokasi Salat Idul Adha yang Disiapkan Pemko Dumai

9 Juli 2022
Masjid Agung Al Manan Dumai

Masjid Agung Al Manan Dumai

RIAU1.COM - Jadwal Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443 H/2022 M ditetapkan Pemerintah Kota Dumai bersama pihak terkait pada Ahad, 10 Juli 2022.

"Keputusan ini bersamaan dengan penetapan Hari Raya Kurban oleh Pemerintah Republik Indonesia, berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan qurban Tahun 1443 H/2022 M," kata Wali Kota Dumai, H. Paisal.

Tambahnya, untuk pelaksanaan shalat akan dilaksanakan di Lapangan Taman Bukit Gelanggang (TBG), Jalan H.R. Soebrantas, Kelurahan Teluk Binjai.

"Selain di TBG, lokasi shalat Idul Adha yang diselenggarakan Pemko Dumai juga akan dilaksanakan di Masjid Agung Al Manan, Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur dan Masjid Al Ta'la, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan," kata H. Paisal.

Ia juga menyampaikan, tahun ini di Indonesia penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M terdiri atas dua versi. 

Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 telah menetapkan Idul Adha 2022 berdasarkan perhitungan hisab jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Loading...

"Jika ada yang menyelenggarakan shalat Idul Adha pada Hari Sabtu, maka Pemerintah Kota Dumai tetap mengizinkan dan tidak ada melarang," tuturnya.

Tidak hanya itu, H. Paisal juga menyampaikan bahwasannya di Dumai tidak ada pelaksanaan kegiatan takbir keliling karena telah mengikuti aturan yang telah disampaikan Kementerian Agama.

"Kita telah sepakat bahwa pelaksanaan takbir keliling dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M bersama pemerintah ditiadakan, namun takbir tetap dilaksanakan di masjid atau mushalla masing-masing," pungkasnya.*