Masterplan Smart City Kota Dumai Sedang Disiapkan

Masterplan Smart City Kota Dumai Sedang Disiapkan

25 Agustus 2022
Kota Dumai

Kota Dumai

RIAU1.COM - Asisten III Bidang Administasi Umum Setdako Pekanbaru Muhammad Syafie, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Smart City dan Quick Win Program Unggulan Tahap III awal pekan ini.

Bimtek yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai tersebut sudah memasuki tahap III yang bertujuan untuk merumuskan mengenai Masterplan Smart City Kota Dumai. Selain itu juga untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah.

Perwakilan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) Cristoper Dwi Hartono menjelaskan kepada semua peserta Bimtek bahwa pihaknya akan memberikan materi finalisasi mengenai Program Quick Win.

"Kita akan langsung membuat diskusi untuk program unggulan yang ada di Kota Dumai, ini juga harus ada keterkaitannya dengan program Khidmat Walikota yang akan kita pandu dan  juga akan kita dukung untuk program yang mengandung inovasi," sebutnya.

Muhammad Syafie dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bimtek yang sudah memasuki tahap III tersebut telah dibahas beberapa program-program unggulan untuk Kota Dumai.

"Semoga Program tersebut mampu diterapkan dan kita bisa mengembangkan Kota Cerdas sehingga tetap fokus kepada inovasi dan mengembangkan sektor unggulan daerah yang  ada di Kota Dumai, kita berharap Kota Dumai salah satu kota transit, kita akan mempersiapkan dan membuka semua akses serta inovasi sehingga Kota ini mempunyai unggulan tersendiri yang dapat menarik wisatawan dari luar," ucapnya.

Loading...

Kemudian dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Dumai (Diskominfotiksan) H. Khairil Adli menjelaskan bahwa Smart City ini sudah memasuki lanjutan ke tahap ke III yang dimana ini Kota Dumai saat ini sudah banyak memiliki fasilitas umum untuk masyarakat.

"Kota Dumai memiliki kawasan untuk umum seperti Taman Bukit Gelanggang yang dimana nanti semua kegiatan Pemerintah akan dilaksanakan disana dan pembangunannya saat ini sudah digesa dan disana juga ada tempat wisata kuliner, disana juga akan tampil pentas hiburan untuk menampilkan kesenian-kesenian dari setiap daerah, kita juga sudah mulai bekerjasama dengan beberapa pihak untuk pembayaran disana juga nantinya menggunakan transaksi secara digital," jelasnya.

Lebih lanjut dia juga menjelaskan semua pelayanan kepada masyarakat nantinya juga akan dapat diakses melalui satu aplikasi sehingga lebih cepat dan mudah.

"Beberapa OPD sudah mulai menggunakan aplikasi untuk pelayanannya kepada masyarakat, Kami Dinas Kominfo Kota Dumai akan berusaha nantinya akan menggabungkan semua aplikasi setiap OPD menjadi satu Aplikasi yaitu namanya "Dumai Berkhidmat" semoga itu dapat kita wujudkan," harapnya.