Warga Dumai Dapat Bantuan 100 Unit Tanki Septik

Warga Dumai Dapat Bantuan 100 Unit Tanki Septik

31 Agustus 2022
Penyerahan bantuan

Penyerahan bantuan

RIAU1.COM - Bantuan tanki septik kepada warga penerima manfaat di Kelurahan Teluk Binjai diserahkan secara simbolis Wali Kota Dumai, H. Paisal di halaman Kantor Lurah Teluk Binjai, Kecamatan Dumai Timur, Senin (29/8/2022).

Sebanyak 100 unit tanki septik jenis Bionet Septic Tank yang diserahkan H. Paisal ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Dumai.

Adapun tim pelaksana yang melakukan swakelola mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pekerjaan pembangunan tangki septik, dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sejahtera Mandiri yang diketuai oleh Indrawadi.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Dumai mengucapkan selamat kepada warga penerima manfaat yang telah mendapatkan bantuan tanki septik.

"Kami berharap kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan ini agar betul-betul memanfaatkan dan menjaganya dengan baik sehingga septik tank itu akan tahan lama," ucapnya.

Loading...

Ia mengungkapkan, bantuan tersebut diberikan kepada warga yang rumahnya tidak memilik jamban atau yang sudah memiliki jamban namun tidak memiliki saluran pembuangan.

Selain itu, menurutnya, penggunaan tanki septik jenis bionet ini terbilang ramah lingkungan karena dapat menghindari tercemarnya air tanah serta tidak berbau.

"Dengan adanya program ini, semoga dapat memenuhi kebutuhan jamban sehat bagi warga di Kelurahan Teluk Binjai dan kelurahan lain yang mendapatkan bantuan sanitasi,  Sehingga tidak ada lagi warga yang tidak memiliki jamban maupun jamban yang saluran pembuangannya ke sungai maupun drainase," pungkasnya.*