Berikut Pemenang Lomba Bertutur se Kota Dumai

Berikut Pemenang Lomba Bertutur se Kota Dumai

21 Juni 2024
Pemenang Lomba Bertutur se Kota Dumai

Pemenang Lomba Bertutur se Kota Dumai

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai menggelar lomba bertutur murid tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Kota Dumai tahun 2024.

Sebanyak 15 peserta utusan SD sederajat se-Kota Dumai tampak antusias mengikuti lomba bertutur yang mengusung tema Tingkatkan Budaya Baca Anak dengan Bertutur.

Kadispersip Kota Dumai, Dona dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasar pada Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Perwako nomor 42 tahun 2022 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dispersip Kota Dumai.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya pengayaan dan penumbuhan budaya baca, khususnya bagi generasi muda di Kota Dumai,"kata dia.

Menurutnya, siswa-siswi yang berpartisipasi dan meraih apresiasi dalam perlombaan bertutur ini, memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan. Ditambah dukungan dan penghargaan yang diterima oleh siswa-siswi dapat memperkuat semangat mereka untuk menginisiasi kegiatan literasi. 

"Penyelenggaraan lomba bertutur tidak hanya menjadi event tahunan, tetapi juga investasi jangka panjang untuk menciptakan generasi yang mencintai membaca dan memiliki peran aktif dalam meningkatkan budaya literasi di Indonesia khususnya di Dumai Kota Idaman,"sebut Dona.

Nantinya, sambung dia, peserta yang menjadi juara dalam gelaran tersebut akan diikutsertakan dalam ajang lomba bertutur tingkat selanjutnya, yakni di level Provinsi Riau. 

“Di provinsi juga menyelenggarakan. Insyaallah nanti yang juara I di level kota akan kami ikutkan di tingkat provinsi,” ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan 3 orang dewan juri yang berkompeten dibidangnya, diantaranya Oche Chandra seorang sutradara teater, penulis naskah dan juga seorang guru di SMP 20 Dumai. Kemudian, Layasi Lidia Kando seorang penggerak literasi Kota Dumai yang aktif di Komunitas Kampung Dongeng Dumai, serta Rizca Defriyani seorang Pustakawan Ahli Pertama Dispersip Kota Dumai.

Berikut nama-nama pemenang lomba bertutur murid tingkat SD sederajat se-Kota Dumai tahun 2024:

Juara I, Fitri Alisha asal sekolah SD IT Ath Thaariq 1
Juara II, Thalitha Salsabila Adma asal sekolah SD N 006 Teluk Binjai
Juara III, Meilika Zefanya asal sekolah SDN 025 Teluk Binjai
Harapan I, Naya Dwi Saputri asal sekolah SDN 018 Purnama
Harapan II, Rahel Agatha Saragih asal sekolah SD Santo Tarcisius 
Harapan III, Naura Zahirah asal sekolah SDN 012 Purnama