Kader Posyandu Kota Dumai Diberi Pelatihan Kompetensi Dasar ILP

Kader Posyandu Kota Dumai Diberi Pelatihan Kompetensi Dasar ILP

23 April 2024
Pembukaan pelatihan kompetensi dasar kader Posyandu Dumai

Pembukaan pelatihan kompetensi dasar kader Posyandu Dumai

RIAU1.COM - Pelatihan Kompetensi Dasar Kader Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) dibuka Ketua TP PKK Kota Dumai, Leni Ramaini, SKM.

Ketua TP PKK Kota Dumai menyampaikan dan mengingatkan kepada seluruh kader posyandu agar mengawali seluruh rangkaian dengan niat lillahi ta'ala agar yang dikerjakan menjadi berkah. 

"Saya mengingatkan kepada seluruh kader posyandu agar mengawali semua rangkaian tugas kita lillahi ta'ala semua karena Allah SWT agar apa yang dikerjakan menjadi berkah untuk kita semua," ujarnya.

Sebut dia, pelatihan ini dilakukan sebagai bagian dari transformasi layanan kesehatan primer yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. 

"Kepada kader yang terpilih hari ini mengikuti pertemuan selama empat hari kedepan, kami berharap agar serius mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh fasilitator, karena kedepannya kader posyandu akan distrata kompetensinya menjadi tiga tingkatan yaitu Kader Purwa, Kader Madya dan Kader Utama," paparnya.

Sambung dia lagi, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan keterampilan kader dalam mewujudkan Posyandu Siklus Hidup tahun 2024. Materi pelatihan yang diberikan terkait dengan 25 keterampilan dasar bagi kader posyandu se-Kota Dumai.

"Ada materi keterampilan pengelolaan Posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil dan menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja, hingga keterampilan usia produktif dan lansia," papar Ketua TP PKK Kota Dumai.*