Meningkatkan Minat Baca Anak-anak di Dumai Melalui Festival Literasi

Meningkatkan Minat Baca Anak-anak di Dumai Melalui Festival Literasi

28 Januari 2023
Penutupan festival Literasi Milenial

Penutupan festival Literasi Milenial

RIAU1.COM - Puncak dan Penutupan Festival Literasi Milenial yang bertempat di Gedung Sri Bunga Tanjung pertengahan pekan ini dihadiri Wali Kota Dumai H Paisal.

Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Dumai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi dan membuka wawasan baru bagi generasi milenial. 

Acara ini diikuti oleh para pelajar tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sampai dengan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan diisi berbagai lomba diantaranya lomba mendongeng, membaca puisi, mewarnai dan pantun dengan dewan juri yang berpengalaman dibidang literasi.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Dumai memberikan piala dan piagam penghargaan dan juga uang saku secara langsung kepada para pemenang dari lomba yang sebelumnya lomba tersebut telah diadakan.

Wali Kota Dumai H. Paisal menyampaikan bahwa pentingnya literasi karena dengan adanya literasi ini dapat mewujudkan inovasi dan kreatifitas bagi anak-anak 

"Festival ini mempunyai manfaat yang baik dan dengan adanya festival ini dapat membuat anak-anak kita gemar membaca, kita dapat melihat talenta dari anak-anak kita, nanti kita sama-sama dengan beberapa OPD untuk membuat suatu kegiatan yang dapat lebih mengembangkan bakat dan kreatifitas anak-anak kita, yang menang saya ucapkan selamat, dan yang belum menang dapat mengasah kembali kemampuannya dan jangan berkecil hati tahun depan bisa dicoba lagi,"papar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Dumai dr. Syawir Qasim menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan festival ini adalah untuk menarik minat membaca untuk anak-anak sekarang.

"Dalam festival ini kita mengadakan lomba mendongeng, membaca puisi, mewarnai dan pantun yang dimana diikuti oleh para pelajar, kita lihat minat dari pelajar sangat tinggi untuk perlombaan ini, dan dengan adanya festifal ini dapat lebih meningkatkan minat membaca dari para pelajar," tutur dia.*