Pemko Dumai Hadirkan Aplikasi Digiloka, Bantu UMKM Jual dan Transaksi Produk

Pemko Dumai Hadirkan Aplikasi Digiloka, Bantu UMKM Jual dan Transaksi Produk

11 Februari 2023
Wako Paisal usai rapat bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Dumai

Wako Paisal usai rapat bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Dumai

RIAU1.COM - Rapat persiapan launching aplikasi Digiloka yang ditaja oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Dumai dibuka Wali Kota H Paisal.

Aplikasi Digiloka diyakini akan memudahkan pedagang di wilayah Kampoeng Kuliner maupun pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya untuk menjual produk dan bertransaksi dengan masyarakat.

Aplikasi tersebut dipersiapkan sesuai dengan karakteristik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Dumai, dimana nantinya sistem aplikasi ini adalah para pelanggan bisa memesan menu dari outlet kuliner yang dipilih. Selanjutnya, menu yang dipesan akan diantarkan ke alamat yang telah ditentukan dan sistem pembayaran nya bisa menggunakan QRIS (Transaksi Non Tunai) atau COD (Pembayaran di lokasi). 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian (Diskopukmperin) Sepranef Syamsir, AP menyampaikan aplikasi ini sudah siap untuk diluncurkan dan digunakan. 

"Direncanakan Launching Aplikasi Digiloka akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023 sekaligus sosialisasi penggunaan Aplikasi Digiloka dan sistem pembayaran QRIS kepada pedagang di wilayah Kampoeng Kuliner Kota Dumai," kata dia.

Nantinya sistem QRIS akan sangat memudahkan pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Dumai. Pengoperasian QRIS yang mudah mulai dari sistem transaksi, riwayat penjualan produk yang tercatat hingga uang yang langsung masuk ke rekening penampungan milik pedagang diharapkan akan menjadi kesempatan baru bagi para pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Dumai.

"Kedepannya, ketika aplikasi Digiloka berkolaborasi bersama dan menggunakan fitur pembayaran QRIS tentu akan memberi kemudahan serta peluang-peluang baru kepada para pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah," sebut Kadis.

Sementara itu Wali Kota Dumai berharap setelah adanya aplikasi Digiloka ini kedepannya pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Dumai dapat terbantu. Mulai dari pemasaran produk hingga kemudahan transaksi. 

"Kita targetkan layanan pemerintah di Kota Dumai ini akan menggunakan beberapa aplikasi tertentu. Seperti pengelolaan sampah, informasi dan layanan publik, kependudukan serta beberapa bidang lainnya dan yang terbaru ada di bidang perekonomian Usaha Mikro Kecil dan Menengah yaitu aplikasi Digiloka. Nantinya, saya ingin seluruh pedagang level Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Dumai untuk dapat memakai aplikasi Digiloka dan paham dengan sistem pembayaran menggunakan QRIS" ucap Walikota Dumai.*