Sekdako Indra Gunawan: Tidak Ada Lagi Warga Miskin Ekstrem di Kota Dumai

Sekdako Indra Gunawan: Tidak Ada Lagi Warga Miskin Ekstrem di Kota Dumai

9 Maret 2024
Sekdako Dumai, Indra Gunawan

Sekdako Dumai, Indra Gunawan

RIAU1.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai menyatakan angka kemiskinan ekstrem di Kota Idaman pada tahun 2023 berhasil menyentuh angka 0 persen.

Hal itu termaktub dalam Surat Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Nomor B-464/14/D-I/KPS.01.00/02/2024 tentang Pemberitahuan Hasil Perhitungan Estimasi Angka Kemiskinan Ekstrem Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2023, Senin (26/2).

Diterangkan Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Dumai H. Indra Gunawan, yang juga merupakan Sekdako Dumai, bahwa Pemko Dumai secara serius terus berupaya menangani masalah kemiskinan ekstrem hingga menurunkannya ke angka 0 Persen pada tahun ini. 

Khidmat ini dilakukan secara terintegrasi bersama dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk mencapai tujuan bersama.

"Alhamdulillah, upaya bersama dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem mulai menunjukan hasil yang ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan ekstrem di Kota Dumai," tuturnya.

Prestasi ini, lanjutnya, harus dipertahankan agar ditahun 2024 target pengurangan angka kemiskinan ekstrem tetap berada diangka 0% sesuai dengan Instruksi Presiden No.4 tahun 2022.

Terkait strategi dalam menyelesaikan persoalan kemiskinan ekstrem tersebut, Pemko Dumai melakukan 3 strategi penanggulangan kemiskinan, yakni pengurangan beban, peningkatan penghasilan dan pengurangan kantong-kantong kemiskinan, yang dilakukan secara konvergensi oleh seluruh perangkat daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.*