Benarkah Bayam dan Kangkung Sebabkan Asam Urat?

Benarkah Bayam dan Kangkung Sebabkan Asam Urat?

19 Juli 2019
Foto Google bayam dan kangkung

Foto Google bayam dan kangkung

RIAU1.COM - Sebagian penderita asam urat, percaya jika mengkonsumsi sayuran seperti bayam dan kangkung dapat membuat kondisi asam urat semakin parah. Sebenarnya, apakah kepercayaan ini memang benar secara medis?

Mengutip doktersehat.com, menurut pakar kesehatan, anggapan ini ternyata hanyalah mitos yang tidak benar adanya. Justru, pakar kesehatan menyarankan siapa saja, termasuk penderita asam urat untuk rajin mengonsumsi bayam dan kangkung karena memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

American College of Rheumatology menyebutkan bahwa konsumsi sayuran hijau layaknya bayam dan kangkung justru sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat atau gout arthritis. Mengonsumsi kedua sayuran ini juga tidak akan menyebabkan munculnya masalah kesehatan tersebut.



Beberapa jenis makanan lain yang ternyata juga sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat adalah buah segar, makanan berserat seperti gandum dan oat, serta susu berjenis low fat atau yang rendah lemak. Selain itu, penderita asam urat juga sebaiknya tidak merokok atau menghisap vape.



Sementara itu, makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah daging merah seperti yang berasal dari sapi, kambing, domba, babi, dan lain-lain. Konsumsi jeroan dan alkohol juga sebaiknya mulai dihindari. Beberapa jenis ikan seperti ikan teri, ikan haring, ikan kembung, dan berbagai jenis ikan lainnya yang kaya akan kadar purin juga sebaiknya mulai dikurangi konsumsinya.

Melihat adanya fakta ini, penderita asam urat tak lagi perlu ragu saat akan mengonsumsi bayam atau kangkung. Bukannya membuat asam urat menjadi lebih parah, tubuh justru semakin sehat setelah mengonsumsinya.

Loading...