Hanya Untuk Sekali Pakai, Ini Bahaya Gunakan Botol Air Kemasan Secara Berulang

Hanya Untuk Sekali Pakai, Ini Bahaya Gunakan Botol Air Kemasan Secara Berulang

14 Januari 2020
Ilustrasi air minum kemasan

Ilustrasi air minum kemasan

RIAU1.COM -Botol air minum kemasan kerap kali digunakan masyarakat untuk wadah air minum dan digunakan berulang kali. Konon, hal ini dilakukan agar lebih hemat dan cinta lingkungan. Faktanya ada bahaya yang mengintai saat mengisi ulang botol dengan air baru.

Mengutip detikhealth, kandungan Bahan palstik yang biasa digunakan dalam pembuatan botol air mineral adalah polyethylene terephthalate atau PET. Plastik jenis ini berwarna jernih atau transparan dan banyak digunakan untuk botol air mineral, jus, dan hampir semua botol minuman ringan.

Botol plastik dengan bahan ini disarankan untuk tidak digunakan secara berulang alias hanya digunakan sekali saja. Pasalnya, desain leher botol membuatnya sulit untuk dibersihkan. Apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama, bakteri dari tangan dan mulut dalam tumbuh di botol.




Selain itu, kalau botol plastik air mineral digunakan secara berulang dan disimpan pada suhu yang hangat atau panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik. Zat ini bisa memicu munculnya kanker. 

Loading...