Senin, 21 September 2020

GAYA-HIDUP

Jangan Boros Dimasa Pandemi Covid-19, Ini Tips Mengemudi Hemat BBM

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Dimasa pandemi Covid-19 ini, perekonomian mengalami dampak cukup parah, membuat masyarakat putar otak agar bisa tetap bertahan.

Termasuk bagi pemilik mobil, harus memperhatikan sejumlah hal terkait cara mengemudinya agar bisa hemat BBM.

Dilansir Otodriver, berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk mengemudi hemat BBM:

1. Jangan Membawa Beban Berlebihan

Teorinya setiap beban dengan bobot 100 kilogram akan menyebabkan pemangkasan konsumsi bahan bakar hingga 3 persen. Sehingga isi mobil dengan penumpang dan barang sesuai dengan kapasitasnya.

2. Jaga Tekanan Angin Ban Normal

Jika tekanan ban kurang dari 50 kPA (0,5 kg/cm2) maka akan meningkatkan konsumsi bahan bakar 2-4 persen. Jika tekanan berlebihan akan berimbas pada kenyamanan karena ban jadi lebih keras.

Baca Juga: Sinopsis Film First Kill, Saat Seorang Ayah Terlibat Kasus Pencurian untuk Selamatkan Anaknya dari Perampok



www.jualbuy.com

3. Gunakan AC pada Temperatur 25 derajat Celsius

AC mobil akan bekerja optimal pada temperatur ruangan 25 derajat Celcius. Dengan kondisi ini suhu ruangan tetap dingin dan kinerja kompresor menjadi optimal dan berkerja.

Jika terlalu tinggi atur temperaturnya, maka kompresor AC akan on-off dalam waktu lebih pendek. Artinya mesin akan lebih sering mendapatkan beban mendadak dari AC sehingga putaran mesin akan naik-turun lebih sering dari normalnya.

4. Atur Posisi Mengemudi Senyaman Mungkin

Perlu mengatur posisi mengemudi senyaman mungkin. Seperti mengatur jok dan juga setir agar tetap dapat melihat pandangan jauh ke depan dengan baik dan juga mampu bersandar pada jok dengan relax.

Baca Juga: Sinopsis Film The Expendables 3, Sylvester Stallone Kembali Beraksi Bersama Para Aktor Hollywood jadi Tentara Bayaran

5. Start and Go Secara Halus

Hal ini menjadi kunci terutama saat diperkotaan yang identik dengan stop and go. Menjalankan mobil dengan awalan yang lembut baik pada mobil bertransmisi matik ataupun manual akan memberikan kontribusi penghematan sekitar 11 persen.

6. Hindari Mengemudi Agresif

Hindari menambah ataupun mengurangi kecepatan secara drastis dan mendadak. Akselerasi dan deselerasi jika dilakukan dengan smooth memberikan kontribusi penggunaan BBM.





loading...
Loading...