Pandemi Covid-19, LIDA 2021 Digelar Online di 34 Provinsi se-Indonesia

Pandemi Covid-19, LIDA 2021 Digelar Online di 34 Provinsi se-Indonesia

19 Desember 2020
Khairunnisa, salah satu peserta LIDA 2021 asal Kabupaten Kampar

Khairunnisa, salah satu peserta LIDA 2021 asal Kabupaten Kampar

RIAU1.COM - Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 kembali digelar. Kali ini, ajang pencarian bakat menjaring peserta muda berbakat dengan melakukan audisi yang dilakukan secara online di 34 Provinsi di Indonesia, termasuk di Riau.

Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM menyebutkan jika dilakukan audisi LIDA 2021 secara online dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia.

Namun demikian, peserta tetap antusias mengikuti audisi tersebut secara antusias. Apalagi karena panjangnya waktu pendaftaran, kata dia, akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online.

"Tiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat)," tuturnya, Jumat 18 Desember 2020.

 Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian. Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci," terangnya.

Sementara itu, Comunication LIDA 2021, Andika Wattimena menambahkan, meski audisi dilakukan ketika pademi, audisi itu dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, yaitu secara online. "Kita tetap melalukan protokol kesehatan di masa pandemi. Hal itulah yang membuat kita melakukan audisi ini  secara online," kata dia.

Dia menambahkan, dengan adanya audisi tersebut secara online, maka audisi dapat menghindari kerumunan. "Calon peserta yang berada di pelosok biasanya terkendala dengan waktu dan transportasi. Karena audisi ini dilakukan secara online, tentu dapat memudahkan calon peserta dari daerah pelosok untuk mengikuti audisi LIDA 2021," paparnya.

"Hingga saat ini, sudah 20 orang lebih yang lolos dari puluhan lainnya yang sudah mengikuti audisi online. Yang lolos akan melaju ke Jakarta hanya sekitar 2 peserta saja," tutupnya.