Bocoran Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy S23: Desain, Kamera, dan Dapur Pacu Menantang!

Bocoran Rumor Spesifikasi Samsung Galaxy S23: Desain, Kamera, dan Dapur Pacu Menantang!

29 Desember 2022
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Seri flagship dari smartphone Samsung memang sangat menarik untuk diikuti dan ditunggu. Sekarang ini, memang yang paling dinantikan informasinya adalah spesifikasi Samsung galaxy S23 yang menjadi seri terbaru dari flagship asal Korea Selatan ini.

Beberapa waktu lalu memang banyak beredar rumor tentang bocoran spesifikasi Samsung galaxy S23 ini. Banyak kabar mengatakan bahwa tanggal perilisannya akan diumumkan pada awal tahun 2023, tapi Anda bisa melihat bocorannya di link ini https://www.blibli.com/jual/samsung-galaxy-s23.

Akan tetapi, menurut phonearena.com bahwa mungkin saja pengumuman terusan tersebut dilakukan di akhir tahun. Meskipun demikian, memang tanggal resmi belum dikonfirmasi secara pasti.

Secara umum, kabarnya spesifikasi Samsung galaxy s23 ini memakai dapur pacu Qualcomm Snapdragon 8 gen 2 serta fabrikasi 4 nm. Kemudian, sistem operasinya menggunakan Android 13 dengan baterai berkapasitas 3900 mah serta pengaturan 3 kamera di belakang.

Apakah Anda juga penasaran dengan spesifikasi Samsung galaxy s23 terbaru ini? Bisa menyimak penjelasannya di bawah!

 

Keunggulan Samsung Galaxy S23

Sebagai flagship yang sangat dinanti oleh para pecintanya, menurut kabar yang beredar bahwa Samsung galaxy S23 ini memang memiliki kelebihan tersendiri yaitu:

  • Kecepatan refresh rate yang sangat memadai, yaitu mencapai 120 hz.
  • Fitur jaringan internet yang disematkan 5G.
  • Mempunyai rasio body dan layar mencapai hingga 88,57%.
  • Mendukung pengisian daya secara nirkabel.
  • Sebagai catatan, informasi tersebut hanya bocoran dan bisa saja nantinya tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di atas.

 

Spesifikasi Kamera

Samsung Galaxy S23 dikabarkan memiliki kamera utama 200 MP dengan aperture f/1.7 yang lebih besar daripada seri sebelumnya, serta kamera belakang tiga kamera dengan kamera utama 50 MP (OIS, PDAF) dan aperture F1.8. Kamera kedua atau tele foto memiliki resolusi 10 MP dengan optical zoom 3.0x dan aperture F2.4, sementara kamera ketiga atau ultra wide memiliki aperture F2.2.

Galaxy S23 Ultra juga dilengkapi sensor resolusi tinggi yang baru dan disetting khusus untuk memberikan kinerja cahaya rendah yang lebih baik daripada Galaxy S22 Ultra.

Sensor HPX ISOCELL pada Samsung Galaxy S23 dikabarkan mampu merekam video 8K 30 FPS dengan dual HDR saat memotret dalam resolusi 4K dan FHD, yang bisa menghasilkan gambar yang lebih terang dan merata.

Samsung kemungkinan sedang mengerjakan fitur "Stabilisasi Ultra" untuk Galaxy S22 Ultra yang bisa bersaing dengan fitur Mode Aksi Apple pada iPhone 14. Kamera lainnya pada S23 Ultra diperkirakan sama dengan seri sebelumnya, yaitu kamera telefoto 10 MP dengan zoom 10x dan 3x, serta kamera ultra lebar 12 MP. Belum ada informasi tentang kamera depan.

 

Layar

Galaxy S23 memiliki layar 6,1 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel, rasio 19,5:9, dan PPI 422. Layar tersebut menggunakan teknologi super AMOLED dan refresh rate 120 Hz, serta dilengkapi dengan sensor jarak, sensor cahaya, dan Corning Gorilla Glass Victus.

Galaxy S23 juga memiliki daya tahan air dan debu IP68, serta menggunakan 2D Face Unlock dan teknologi Ultrasonic in-screen fingerprint. Pilihan warna yang ditawarkan belum diketahui, namun kemungkinan akan terdiri dari phantom black, putih, pink, emas, dan hijau.

 

Perangkat Keras

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 yang paling ditunggu adalah perangkat keras yang akan diusungnya. Menurut Phone arena, Samsung akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gne 2 (4nm) sebagai sistem chip terbaru dari snapdragon 8 Gen 1 yang digunakan pada Samsung Galaxy S22. Prosesor yang akan digunakan adalah Octa-core, meskipun spesifikasi detailnya belum diketahui.

GPU yang akan digunakan adalah Adreno 740, yang jelas merupakan peningkatan dari Adreno 730 pada seri sebelumnya. Selain itu, Samsung Galaxy S23 akan dilengkapi dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, serta menggunakan sistem operasi Android 13.

 

Baterai dan Koneksi

Baterai yang akan digunakan pada Samsung Galaxy S23 adalah baterai tanam kapasitas 3900mAh, yang lebih besar dari baterai 3700mAh pada generasi sebelumnya. Fitur pengisian daya yang ditawarkan adalah Qi Wireless charging dengan kecepatan pengisian daya menggunakan kabel 25 watt dan nirkabel 15 watt.

Selain itu, Samsung Galaxy S23 juga menawarkan konektivitas 5G dengan kecepatan data LTE-A, HSDPA+ (4G) 42,2 Mbit/dtk dan dual nano sim serta e-sim.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur bluetooth 5,3, wifi langsung dan hotspot, serta USB Type C dengan fitur pengisian dan OTG. Samsung Galaxy S23 juga memiliki sensor akselerometer, giroskop, kompas, dan NFC.

Belum ada kejelasan tentang harga dan tanggal rilis Samsung Galaxy S23, namun kemungkinan akan mulai beredar di pasaran pada awal tahun depan. Anda dapat mengunjungi marketplace seperti blibli.com untuk update informasi harganya. Kita tunggu saja apakah memang benar spesifikasi yang ditawarkan flagship ini sesuai dengan rumor yang beredar.