Jumat, 29 Mei 2020

HUKUM

Bahar bin Smith Dijebloskan ke Nusakambangan, Warganet Sindir Konser BPIP dan McD Sarinah

news24xx


Habib Bahar bin Smith kembali ditahan.  Habib Bahar bin Smith kembali ditahan.

RIAU1.COM - Sempat heboh di Medsos dan jadi trending topic di Twitter. Habib Bahar bin Smith, dijebloskan ke penjara Nusakambangan. Alasannya, karena pendukungnya berkerumun yang melanggar PSBB. Warganet pun menyindir konser BPIP dan McD Sarinah yang juga tidak menjaga jarak fisik. 

Baca Juga: 4 Pemuda di Bengkalis yang Gelar Aksi 'Kamisan' saat PSBB Tak Ditahan Meski Didakwa Bersalah, Ini Sebabnya

www.jualbuy.com 

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memutuskan untuk memindahkan tempat penahanan Habib Bahar bin Smith,  untuk sementara ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Batu Nusakambangan. 

Sontak, keputusan Kemenkumham itu menimbulkan reaksi yang beragam di kalangan warganet khususnya di media sosial Twitter. Percakapan terkait Nusakambangan pun merangsek masuk ke daftar topik terpopuler Indonesia.

Pemindahan sementara Bahar ini diambil lantaran sejak readyviewed dijebloskan kembali ke Lapas Gunung Sindur pada Selasa (19/5), simpatisannya dituding berkerumun dan melakukan tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban Lapas.


Kemenkumham berdalih bahwa kondisi tersebut rentan penularan virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19) karena melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menanggapi kabar itu, akun @aliahinduan mempertanyakan kenapa hanya Bahar yang dikirim ke Nusakambangan sedangkan sejumlah orang yang menghadiri konser BPIP, acara perpisahan di McD Sarinah dan saat mal dibuka kembali tidak sekaligus dipindah ke Lapas yang terkenal menampung tahanan kelas kakap itu.


"Habib Bahar dipindahkan ke Nusakambangan dengan alasan melanggar PSBB. Jadi ada peraturan pelanggar PSBB dipindah ke Nusakambangan. Pembenci Bahar mengatakan Pemerintah Tegas," cuit @aliahinduan.

"Lah yang kemarin gelar konser, McD Sarinah, mall dibuka massa berkumpul tidak sekalian dipindah Nusakambangan?" lanjut dia, seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu, 20 Mei 2020.


Lain halnya dengan @Churin84002883, ia mendukung keputusan untuk memindahkan pimpinan Pondok Pesantren Tajul Aliwiyin itu ke Nusakambangan supaya pandemi virus corona cepat selesai.

"Tidak apa-apa Habib Bahar dipindah ke Nusakambangan, demi kebaikan bersama, takutnya menimbulkan kerumunan yang lebih parah dari pendukungnya. Kalau seperti ini terus, kapan corona-nya cepat selesai. Sudah lelah sama corona," kata dia.


Akun @Opcux malah menggambarkan suasana ketika Bahar disambut oleh petugas Lapas dan mensejajarkan Nusakambangan dengan penjara Guantanamo dan Alcatraz, yang juga terkenal sebagai sarangnya pelaku kejahatan kelas kakap dunia.


Bahkan akun @elKoRnHurry mengunggah foto saat Bahar berpose dengan anak mantan presiden ke-2 Indonesia Soeharto yaitu Tommy Soeharto yang juga sama-sama pernah merasakan dibui di Nusakambangan.
Baca Juga: Didakwa Bersalah, Ini Sanksi yang Harus Dijalani 4 Pemuda di Bengkalis Usai Menggelar Aksi 'Kamisan'

 

Ada juga warganet yang memberikan saran seharusnya Bahar dipindah ke Pulau Buru, Maluku, tempat pengasingan para tahanan politik bagi mereka yang dituduh menjadi simpatisan PKI (Partai Komunis Indonesia).
 

R1. 





loading...
Loading...
DN06 | Agung Toyota New Baca