Terkesan Lamban, Keluarga Anak Diduga Korban Pelecehan Seksual Minta Polda Riau untuk Naikkan Kasus ke Tingkat Sidik

Terkesan Lamban, Keluarga Anak Diduga Korban Pelecehan Seksual Minta Polda Riau untuk Naikkan Kasus ke Tingkat Sidik

25 Juli 2023
Bayu Saputra SH, kuasa hukum terduga korban pelecehan seksual di Kuansing

Bayu Saputra SH, kuasa hukum terduga korban pelecehan seksual di Kuansing

RIAU1.COM - Kuasa hukum dari keluarga dugaan korban pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur yang terjadi di Kabupaten Kuantan Singingi, minta agar Polda Riau naikkan kasus mereka ke tingkat sidik.

Penaikan laporan ke tingkat Polda Riau tersebut dikarenakan pihak keluarga korban menilai pihak Polda Riau terkesan lambat tangani kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur.

Bayu Syahputra SH selaku kuasa hukum yang ditunjuk oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau, menjelaskan bahwa kasus tersebut sebelumnya terjadi di rumah kediaman nenek korban.

"Korban anak sendiri yang berinisial APR (5) berada di rumah nenek korban saat dalam situasi duka, dimana kakek korban telah dipanggil Yang Maha Kuasa," terang Bayu.

"Awal kejadian itu di telah dilaporkan ke Polres Kuansing pada tanggal 7 April 2023 lalu," lanjutnya.

Adapun kronologi kejadian bermula saat ibu korban yang memanggil anaknya untuk mandi sore, merasa curiga terhadap terlapor yang hanya berdua dengan anaknya.

"Waktu mau mandi sore, ibu korban curiga karena anaknya dipanggil tetapi lama menyahut. Kemudian ibu korban menyusul ke lantai dua dan mendapati anak korban hanya berdua dengan terlapor di dalam kamar," terang Bayu.

Karena curiga, ibu korban langsung menanyakan apa yang mereka lakukan berdua di dalam kamar. Awalnya korban tidak mau menjawab.

Setelah dilakukan pendekatan dan membujuk, korban pun akhirnya menerangkan apa saja yang terjadi di dalam kamar tersebut.

"Korban mengatakan bahwa mereka bermain balon dan gelitikan sambil mempraktekkan bahwa tangan terlapor masuk ke dalam celana dalam korban," papar Bayu.

Setelah mendapatkan keterangan dari korban, keluarga pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak Polres setempat.

Dengan cekatan pihak Polres Kuansing melakukan pengumpulan keterangan dari 16 saksi dan 2 tenaga ahli yang merupakan psikologi dan ahli visum.

"Sekarang ini kami hanya meminta pihak Polda Riau untuk mengeluarkan notulen agar kasus ini naik ke tingkat sidik," kata Bayu.

Terkait mengapa belum mengeluarkan notulen, Bayu memaparkan alasan pihak Polda Riau yang meminta agar dilakukan pra rekonstruksi perkara.

"Korban kan anak di bawah umur, tentunya tidak bisa dilakukan pra rekonstruksi demi menjaga psikis korban," jelas Bayu.

Ia juga menjawab bahwa pada konferensi kasus yang telah mereka lakukan, ahli hukum dari Kementrian PPA RI sangat tidak menyarankan dilakukan pra rekonstruksi seperti yang diminta oleh Polda Riau dalam menindak laporan pihak kuasa hukum keluarga korban.

"Sejalan dengan yang dijelaskan oleh ahli dari kementrian PPA RI, Dr Ahmad Sofian SH MA yang tidak menyarankan dilakukan pra rekonstruksi," sambungnya.

Bayu menjelaskan bahwa pihak keluarga korban berharap agar kasus tersebut segera dinaikkan ke tingkat sidik.***