Ingatkan Masyarakat, Wabup Inhil: Jangan Bakar Lahan, Bahaya Ada Hukumannya

Ingatkan Masyarakat, Wabup Inhil: Jangan Bakar Lahan, Bahaya Ada Hukumannya

27 September 2019
Wabup Inhil saat berada di Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka

Wabup Inhil saat berada di Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka

RIAU1.COM - Wakil Bupati (Wabup) Indragiri Hilir (Inhil), Syamsuddin Uti mengajak seluruh masyarakat, untuk turut serta berperan aktif memelihara dan meningkatkan kepedulian terhadap kondisi alam dan lingkungan.

Ajakan tersebut disampaikan dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan di Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Kamis 26 September 2019 lalu. "Saya minta masyarakat jangan membakar hutan dan lahan, ini ada hukumannya, bahaya," ucap Wabup mengingatkan.

Dikatakan Wabup Inhil yang akrab disapa SU ini, hingga saat ini seluruh elemen yang ada di Negeri Seribu Parit Hamparan Kelapa Dunia masih terus disibukan oleh musibah kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang menyebabkan munculnya kabut asap dan berpotensi sangat mengganggu kesehatan.

"Apabila ada muncul dan ditemukan titik api lakukan upaya pemadaman secepatnya secara bersama-sama, sehingga tidak semakin membesar dan merebak kemana-mana," pesan Wabup.

Menurut Wabup, disaat kondisi kemarau seperti sekarang ini, titik api akan cepat menjalar ke rerumputan dan daun pohon yang kering, belum lagi ditambah kondisi tanah gambut yang sudah lama tidak tersiram air hujan.

Oleh karena itu, terang Wabup, langkah dan upaya pencegahan sejak dini sangat penting dilakukan, dalam upaya mengantisipasi terjadinya karla di wilayah masing-masing kecamatan dan desa. "Kita jaga alam, alam jaga kita," pungkasnya.