Kamis, 22 Oktober 2020

INDRAGIRI-HILIR

Dinas Perpustakaan Inhil Sebut Minat Baca Tetap Tinggi dimasa Pandemi Covid-19

news24xx


Kepala dan sekretaris DPAD Inhil bersama Ketua TBM Hamfara Library saat di Radio Gemilang Kepala dan sekretaris DPAD Inhil bersama Ketua TBM Hamfara Library saat di Radio Gemilang

RIAU1.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPAD) Kabupaten Inhil bersama Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) melakukan Talkshow di Radio Gemilang FM Tembilahan, Jumat 25 September 2020.

Kepala DPAD Inhil, H. Yulizal, dalam pemaparannya mengungkapkan jika minat baca masyarakat masih tetap tinggi khususnya melalui media elektronik meskipun dalam kondisi pandemi Covid 19.

Menurut Yulizal, saat dimasa pandemi seperti ini pihaknya menyiapkan layanan online dalam peminjaman buku di DPAD Inhil yang mana bisa dilakukan melalui kontak aplikasi online sehingga tidak perlu berkumpul lagi di ruangan perpustakaan.

Baca Juga: Seluruh Tenaga Honorer Dinas Perpustakaan Inhil Dilindungi Program BP Jamsostek



www.jualbuy.com

Selain itu, pihaknya juga tetap melaksanakan kegiatan Pustaka keliling dengan memanfaatkan 3 mobil termasuk juga ke rumah susun.

"Kedepan kita juga akan membuat program pustaka digital, sekarang kita sudah ketinggalan, kabupaten lain di Riau sudah ada pustaka digital," ungkap Yulizal, didampingi Sekretaris DPAD Inhil, Feri Irawan.

Dengan pustaka digital, disebut Yulizal nantinya sistem pinjam buku juga dilakukan secara digital, bahkan menggunakan sistem barcode sehingga dimanapun sudah bisa baca buku. "Akan kita buat kemudahan membaca, dimana saja bisa membaca," tambahnya.

Dilanjutkannya, untuk program pembinaan TBM sendiri, saat ini karena dalam masa pandemi covid-19 sehingga belum bisa dilakukan, namun akan segera dilakukan terutama untuk tata kelola perpustakaan desa jika sudah memungkinkan.

Baca Juga: 4 Rumah di Tembilahan Hulu Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

"Kita akan turun ke kecamatan dan desa yang mempunyai TBM, untuk tata kelola perpustakaan," lanjutnya.

Sementara itu, Ridwan Syafii selaku Ketua Forum TBM yang menaungi seluruh TBM yang ada di Kabupaten Inhil juga menyebut jika pada masa pandemi ini pihaknya juga tetap meminjamkan buku, namun dilakukan dari rumah dan dibawa pulang.

"Kita juga ada kegiatan gerobak baca gratis dan lapak baca gratis," sebut pemilik TBM Hamfara Library tersebut.

Dirinya menceritakan jika TBM di Inhil sudah mulai diperhitungkan terutama karena telah mendapat berbagai penghargaan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Kita tiap tahun ikut iven nasional, ada setiap tahun yang lulus di iven nasional. Bahkan dalam 1 bulan kita mendapat 3 penghargaan tinggkat nasional sekaligus," ceritanya.

Dirinya berharap, TBM yang ada di Kabupaten Inhil terus mendapat dukungan, baik dari DPAD Inhil serta para relawan yang mau menggerakkan kegiatan ini.





loading...
Loading...