Bantu Warga 5 Desa Terdampak Banjir di Inhil, PT SRL Salurkan Ratusan Paket Sembako

Bantu Warga 5 Desa Terdampak Banjir di Inhil, PT SRL Salurkan Ratusan Paket Sembako

2 Desember 2022
Bantuan

Bantuan

RIAU1.COM -PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Blok VI yang beroperasi di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau menyalurkan bantuan paket sembako untuk Lima desa sekitar wilayah operasionalnya yang terdampak banjir

Diketahui sejak 31 Oktober 2022 lalu, Lima desa di Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir yakni Desa Karya Tunas Jaya, Mumpa, Teluk Jira, Teluk Kiambang dan Harapan Jaya mengalami banjir selama 21 hari. 

Banjir tersebut menyebabkan ratusan rumah, 1 gedung sekolah dan dua rumah ibadah terendam dengan ketinggian atara 20 hingga 70 cm.

Banjir juga membuat Empat jembatan penghubung parit desa rusak dan mayoritas warga yang berprofesi sebagai petani tidak dapat memanen sawit di kebun serta mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. 

Dari Lima desa yang terdampak banjir, Desa Karya Tunas Jaya menjadi desa yang paling parah dimana Empat dusun di Desa Karya Tunas Jaya yakni Dusun Bumi Asih, Sumber Jaya, Indra Jaya dan Dusun Pematang Sari tergenang banjir

Dari total 973 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Karya Tunas Jaya, sebanyak 545 KK diantaranya ikut terdampak. 

Kepala Desa Karya Tunas Jaya, melalui Sekertaris Desa Mustakim, menjelaskan jika 16 KK warganya terpaksa mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga yang posisinya lebih tinggi. 

"Saat ini bantuan yang datang baru dari PT Sumatera Riang Lestari. Pemkab Indragiri Hilir melalui Dinas Sosial sudah konfirmasi akan memberikan bantuan yang saat ini sedang dalam proses distribusi. BPBD Kabupaten Inhil sudah turun langsung memantau dan mendata warga yang terdampak. Per dua hari ketinggian banjir dipantau dan pertiga hari tim turun ke lapangan," ungkap Mustakim.

Senada juga dengan Kepala Desa Mumpa melalui Sekertaris Desa Lastri, menyebutkan jika Desa Mumpa dan beberapa desa disekitarnya memang rawan banjir karena berada di pinggiran Sungai Indragiri. 

Loading...

"Akhir-akhir ini intensitas hujan cukup tinggi, air sungai naik sehingga air hujan tidak dapat segera dialirkan ke sungai. Biasanya ada periode lima tahunan banjir yang tinggi di Mumpa khususnya Dusun Cabang Galah. Tahun 2017 lalu akibat banjir besar, memaksa puluhan KK mengungsi. Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan bantuan kepada warga kami yang terdampak bajir," sebut Lastri.

Sementara itu, Raslin Situmeang selaku Estate Manager PT Sumatera Riang Lestari Blok VI menjelaskan bahwa bantuan sembako dari perusahaan ini merupakan bentuk kepedulian dan empati perusahaan terhadap warga yang sedang dilanda banjir

"Pendistribusian bantuan sudah kita jalankan sejak 28 November 2022 dan kita targetkan selesai pada 2 Desember. Dalam pendistribusian kita dibantu oleh Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan aparatur desa," jelasnya.

Raslin merinci bantuan yang diberikan sebanyak 3.555 kg beras, 711 kg minyak goreng, 711 kg gula pasir dan 711 kaleng sarden yang di kemas dalam 711 paket bantuan sembako. 

"Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terimbas banjir dan kepada semua pihak yang terlibat dan membantu pendistribusian ini kami ucapkan terimaksih," pungkas Raslin.

Danramil 03/ Tempuling melalui Serka Nuryadi yang turut membantu pendistribusian bantuan dan memantau perkembangan banjir sejak awal memberikan apresiasi atas respon yang diberikan dari perusahaan untuk membantu warga yang kebanjiran.