Dinilai Juri MasterChef, Sambal Sungai Getek Inhil Juara 1 Festival Sambal se Indonesia

Dinilai Juri MasterChef, Sambal Sungai Getek Inhil Juara 1 Festival Sambal se Indonesia

7 Juli 2024
Sajian Sambal Lalak Manis Sungai Getek di Festival Sambal Nusantara

Sajian Sambal Lalak Manis Sungai Getek di Festival Sambal Nusantara

RIAU1.COM - Leni Marlina mengharumkan nama Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) setelah meraih juara 1 pada ajang Festival sambal nusantara 2024 di acara Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 yang digelar Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI di di Merak Room dan Assembly Hall Jakarta Convention Center Jalan Gatot Subroto Nomor 1 Tanah Abang Jakarta, Sabtu (6/7/2024).

Sambal Lalak Manis Sungai Getek milik Leni berhasil mengalahkan 30 sambal peserta lainnya seperti sambal Debus dan sambal tongkol dari Bogor, sambal bebek Madura, sambal hitam khas Banjarmasin, sambal Bali Niloeh, Aneka Sambal Sleman, Sambal Tuna Asap dan puluhan jenis sambal lainnya.

Diketahui, dalam Festival sambal nusantara 2024 ini memang diikuti sebanyak 31 peserta dari utusan kota dan kabupaten seluruh Provinsi di Indonesia.

"Kabupaten kami memang disebut Hamparan Kelapa Dunia, karena memiliki lahan kelapa yang besar dan luas, selama ini ampas kelapa sisa hasil mengolah minyak hanya dibuang saja, saya berpikir bagaimana caranya ampas kelapa ini bisa jadi bernilai ekonomi dan kami ciptakan lah Sambal Lalak Manis Sungai Getek ini," ungkap Leni Marlina saat naik keatas panggung usai diumumkan menjadi pemenang oleh pembawa acara.

Leni menyampaikan rasa terima kasih kepada PJ Bupati Inhil Hj Herman dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir serta Pemerintah Kecamatan Batang Tuaka dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Inhil yang selama ini selalu memberikan dukungan kepada UMKM miliknya terutama dalam mengikuti Festival tersebut.

Leni Marlina bersama Tim Diskop UKM Inhil dan juri Festival Sambal Nusantara

"Terima kasih banyak dukungan Bapak Pj Bupati Inhil Bapak H.Herman dan Ibu Hj. Katerina Susanti serta Camat Batang Tuaka dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang terus mendukung kami pelaku UMKM khususnya dari Kecamatan Batang Tuaka," pungkasnya.

Untuk diketahui lagi, dalam lomba festival sambal nusantara ini langsung dinilai oleh salah satu juri Master Chef Indonesia yaitu Vindex. Dimana para juri ini menilai sambalnya yaitu dari rasanya yang gurih, tekstur penampilan atau penyajiannya, sejarah dan asal usul bahan sambalnya serta tingkat kesulitan pembuatan sambalnya.