Disdukcapil Inhil Dapat Instruksi Penting dari Bupati Terkait Pemilu

Disdukcapil Inhil Dapat Instruksi Penting dari Bupati Terkait Pemilu

3 Juli 2023
Bupati HM Wardan dalam arahannya

Bupati HM Wardan dalam arahannya

RIAU1.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan menginstruksikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Inhil untuk proaktif berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhil dalam melakukan percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya meminta kepada Dinas terkait, yakni Disdukcapil untuk dapat proaktif berkoordinasi dengan KPU dalam melakukan percepatan perekaman KTP elektronik. Hal ini ini sesuai dengan arahan percepatan perekaman KTP elektronik dari Bawaslu," kata HM Wardan. 

Dia juga meminta pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Inhil bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk dapat memberikan edukasi politik kepada pemilih terutama pemilih pemula guna menyukseskan Pemilu 2023.

“Agar pemilu 2024 nanti dapat terselenggara dengan sukses, saya minta Badan Kesbangpol untuk dapat bekerjasama dengan Bawaslu dalam hal memasifkan edukasi politik kepada para pemilih” tutur Wardan. 

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Riau pada pemilu 2024 sebanyak 4.732.174 jiwa dengan rincian berjenis kelamin laki-laki sebanyak 2.399.163 jiwa dan pemilih berjenis kelamin perempuan sebanyak 2.333.011 jiwa yang tersebar di 19.366 TPS. Jumlah data pemilih tersebut tersebar di 1.862 desa dan kelurahan dengan 172 Kecamatan se-Provinsi Riau.*