Festival Pengantin Sahur, Pj Bupati Inhil Berharap Jadi Ivent Wisata Nasional

Festival Pengantin Sahur, Pj Bupati Inhil Berharap Jadi Ivent Wisata Nasional

31 Maret 2024
Festival Pengantin Sahur di Tembilahan

Festival Pengantin Sahur di Tembilahan

RIAU1.COMFestival Pengantin Sahur yang digelar Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu mendapatkan apresiasi dari Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H.Herman.

Tradisi Pengantin Sahur merupakan tradisi membangunkan warga untuk bersahur dengan mengarak beberapa pasang pengantin. Tradisi tersebut merupakan suatu kearifan lokal yang sudah berlangsung semenjak tahun 1970.

Pasangan Pengantin yang tampil mewakili RT/RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas, pelaksanaan festival yakni tengah malam ataupun dini hari.

Pada festival tersebut terdapat 15 pasang pengantin yang turut berlomba, adapun kriteria yang dinilai adalah kecantikan dan keserasian pasangan pengantin, serta singgasana tempat pengantin akan diarak sekeliling Desa Pulau Palas.

Pj. Bupati Inhil H. Herman mengatakan bahwa kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif. Dia berharap tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi ivent wisata nasional“

"Atas nama pemerintah daerah saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan panitia penyelenggara, dan berharap kegiatan ini terus berkembang serta menjadi khasanah budaya yang melekat pada Desa Pulau Palas ini khususnya," ujar dia.*