Inhil Dikunjungi Wamen, Bupati HM Wardan Minta Bantu Peremajaan Kebun Kelapa

Inhil Dikunjungi Wamen, Bupati HM Wardan Minta Bantu Peremajaan Kebun Kelapa

24 Agustus 2023
Kunjungan Wamen Pertanian di Inhil

Kunjungan Wamen Pertanian di Inhil

RIAU1.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) menyambut kedatangan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) yang melakukan kunjungan kerja (Kunker) di kecamatan Reteh.

Memanfaatkan kunker Wamen di Kabupaten Indragiri Hilir, Bupati HM Wardan menyampaikan beberapa usulan yang menjadi poin penting demi kemajuan pertanian dan perkebunan masyarakat

Khusus untuk sub sektor perkebunan kelapa, pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir sangat berharap kepada Kementerian Pertanian RI memberikan kemudahan kepada petani kita antara lain dengan kebijakan nasional menyangkut perkebunan kelapa dari hulu sampai hilir.

"Perimbangan dana bagi hasil terkait pajak ekspor komoditi kelapa antara pemerintah pusat dan daerah, lalu sharing pembiayaan terkait perbaikan sarana dan prasarana trio tata air perkebunan," kata HM Wardan.

Juga sebut dia, pelepasan lahan perkebunan yang masih termasuk dalam kawasan, peremajaan kebun kelapa yang sudah tua, serta pengembangan sentra produksi turunan kelapa berbasis masyarakat.

"Semoga dengan kedatangan Wamen secara langsung datang ke kabupaten Indragiri Hilir dapat membawa usulan kita kepada pak Presiden dan sesegera mungkin dapat direalisasikan," harap bupati.

Sementara itu Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi menanggapi permintaan serta usulan yang diajukan oleh masyarakat kabupaten Indragiri Hilir.

"Kami dari pihak kementerian pertanian akan mempelajari dan berusaha mengakomodir usulan yang diajukan dan secepatnya akan disampaikan kepada Presiden Jokowi," sebut dia.*