Kabar Terbaru Perbaikan Jalan Amblas di Kempas Inhil

Kabar Terbaru Perbaikan Jalan Amblas di Kempas Inhil

7 September 2023
Jalan Amblas di Kempas Inhil

Jalan Amblas di Kempas Inhil

RIAU1.COM - Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas PUPR-PKPP melakukan perbaikan ruas jalan Kuala Cinaku-Rumbai Jaya, Desa Pekan Tua, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang amblas akibat abrasi dan dilintasi truk melebihi batas maksmial tonase atau over dimension/loading (ODOL). 

Panjang ruas jalan yang amblas 50 meter. Jalan ini merupakan jalur penghubung Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kabupaten Inhil. 

Berdasarkan keterangan Kepala Seksi (Kasi) Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPTJJ Wilayah IV Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau, Ludfi Hardi, ST, MT mengatakan, sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar, bahwa jalan tersebut akan dibangun jembatan pada tahun 2024. Namun, untuk memperlancar aksesibilitas transportasi warga, saat ini ruas jalan tersebut mulai diperbaiki sampai fungsional. 

"Untuk saat ini kita lakukan perbaikan dengan pemasangan geogrid dan geotex agar jalan tersebut dapat fungsional dengan baik," ujar Ludfi.

Dikatakan dia, Kadis PUPR Riau Arief Setiawan dan Kepala UPTJJ wilayah IV, Yunan Haris terus memantau dan menggesa perbaikan fungsional jalan. Namun, mengingat tingginya curah hujan pada akhir-akhir ini, ia berharap agar pengendara truk odol tidak melintasi jalan tersebut. 

Lalu Lutfi mengatakan, bahwa saat ini ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam memperbaiki jalan di wilayah UPTJJ Wilayah IV. Di antara lain kondisi tanah yang tidak stabil, lalu banyaknya angkutan Odol yang lewat di ruas jalan tersebut. 

"Kalau ada angkutan batu bara dan angkutan sawit yang terbalik, masyarakat sangat dirugikan," ujar Ludfi.*