Masyarakat Pemilik Transportasi Sungai di Inhil Diminta Mendaftar ke KSOP

Masyarakat Pemilik Transportasi Sungai di Inhil Diminta Mendaftar ke KSOP

8 Maret 2023
Bupati Inhil, HM Wardan dalam arahannya

Bupati Inhil, HM Wardan dalam arahannya

RIAU1.COM - Bagian dari upaya memberikan kecakapan bagi para nelayan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tembilahan gelar Diklat Pelatihan, Rabu (8/3)

Sebanyak 315 peserta mengikuti Diklat pemberdayaan masyarakat (DPM) BST KLM dan nelayan dan surat keterangan kecakapan (SKK) 60 Mil tahun 2023 bekerjasama dengan politeknik pelayaran Sumatera Barat.

Bupati Drs HM Wardan saat membuka Diklat tersebut menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan ini dalam memberikan kemampuan bagi para nelayan di kabupaten Inhil.

"Selaku pimpinan daerah tentunya saya sangat berterimakasih atas pelaksanaan ini yang mana sangat membantu memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam pelayaran," kata dia.

Dia juga menjelaskan bahwa dengan kegiatan ini nelayan kabupaten Inhil dapat meningkatkan ilmu serta memiliki legalitas resmi atas kepemilikan kapal serta kecakapan dalam mengendarai kapal yang tercatat resmi.

"Tentu dengan ini nelayan Inhil memiliki legalitas resmi dan kecakapan yang di akui dan jika nanti terjadi hal hal yang berbau hukum mereka sudah memiliki pegangan sendiri yang legal," jelasnya.

Kemudian HM Wardan menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten Inhil yang memiliki kendaraan sungai dan yang bekerja di ranah perairan agar dapat ikut serta dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin

"Bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri serta kepemilikan kapalnya ke KSOP Tembilahan dan ini gratis, ayo manfaatkan ini sebaik mungkin," tutur dia.*