PT SRL Salurkan Bantuan Bagi 5 Desa Terdampak Banjir di Inhil

PT SRL Salurkan Bantuan Bagi 5 Desa Terdampak Banjir di Inhil

19 Januari 2024
Penjabat Bupati Inhil menerima sekaligus menyalurkan bantuan dari PT SRL untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Tempuling

Penjabat Bupati Inhil menerima sekaligus menyalurkan bantuan dari PT SRL untuk masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Tempuling

RIAU1.COM - PT Sumatera Riang Lestari (SRL) Blok VI yang beroperasi di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau menyalurkan bantuan Sembako untuk masyarakat di 5 desa di wilayah Kecamatan Tempuling yang terdampak banjir. 

Penyerahan bantuan tersebut diterima langsung oleh Penjabat Bupati Indragiri Hilir H Herman SE MT, yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat terdampak banjir.

Kegiatan dipusatkan di Posko Penanganan Darurat Bencana Hidrometeorologi Kantor BPBD Kabupaten Inhil yang disaksikan juga oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Inhil, Kepala BPBD Inhil dan jajaran, Kadis Kominfo PS Inhil, Camat Tempuling serta Kepala Desa dan perangkat desa terkait.

Total bantuan yang didistribusikan sejumlah 4.180 kg beras dan 836 kg minyak goreng untuk 836 Kepala Keluarga di 5 desa terdampak yang mana pendistribusian dilakukan pada 17 dan 18 Januari 2024 kemarin. 

Kepala Desa Teluk Jira Kecamatan Tempuling Suryadinata menyebutkan jika banjir yang melanda sebagian wilayah desa telah mengganggu aktivitas masyarakat dan belajar siswa. 

"Sebagian anak-anak kita masih sekolah ke Desa Karya Tunas Jaya yang berjarak 5 Km sedangkan jalanan yang tergenang dan becek menyebabkan siswa tidak bisa pergi ke sekolah," jelas Kades Teluk Jira.

Erik Lipandi, Humas PT SRL menyerahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Desa Mumpa

"Desa Mumpa juga tak luput dari serangan banjir. Banjir sudah terjadi sejak 25 Desember 2023 lalu di Dusun Cabang Galah yang berdampak terhadap 119 KK," tambah Sulastri selaku Sekdes Desa Mumpa.

Banjir juga telah mengganggu aktivitas warga di 4 dusun di Desa Karya Tunas Jaya (KTJ). Mustakim selaku Sekdes KTJ menyebutkan bahwa banjir menyebabkan kantor desa, dua sekolah dasar dan 3 rumah ibadah terendam serta menganggu aktivitas 545 KK di Dusun Bumi Asih, Sumber Jaya, Indra Jaya dan Tunas Jaya.

Sementara itu Penjabat Bupati Inhil H Herman SE MT dalam sambutannya menyebutkan jika pemerintah daerah dan masyarakat yang terdampak menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. SRL yang telah memberikan bantuan untuk masyarakat yang terdampak banjir.

“Harapan saya apa yang dilakukan oleh PT SRL dapat ditiru oleh perusahaan-perusahaan di Kabupaten Inhil khususnya yang berdomisili di sekitar masyarakat yang terdampak banjir,” harap PJ Bupati Inhil.

Untuk kedepannya, Pemerintah Daerah Indragiri Hilir juga akan kembali mendata dan menginventarisir ulang masyarakat yang terdampak musibah banjir untuk sesegera mungkin diberikan bantuan.