Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, TNI di Inhu Patroli dan Gelar Sosialisasi

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, TNI di Inhu Patroli dan Gelar Sosialisasi

15 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM -Tim 1 Koramil 01/Rengat Sub Satgas Gab II Kodim 0302/Inhu melaksanakan patroli dan sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Rengat, Rabu 15 April 2020.

Kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla dilaksanakan dengan menelusuri lahan dan kawasan hutan yang berada di Desa Kampung Pulau, Kelurahan Kampung Besar Sebrang, Kelurahan Pasar Kota.

Setelah itu, patroli dilanjutkan menuju daerah perkebunan masyarakat di Kelurahan Sekip Hilir Kecamatan Rengat. Tim saat berpatroli rutin menggunakan kendaraan roda dua, sehingga tim dapat lebih leluasa hingga ke pelosok desa.

Komandan Tim 1 Koramil 01/Rengat Sub Satgas Gab II Kodim 0302/Inhu Serma M Pohan mengatakan, patroli yang dilakukan secara rutin ini mulai dari desa ke desa sampai ke dusun, disamping sosilisasi juga mencari pelaku Karhutla.

"Tujuannya sudah jelas. Apabila menemukan pembakar lahan dan hutan akan langsung kita tangkap pelakunya. Sehingga dapat diproses secara hukum nantinya," sebutnya.
Karena bagi pelaku Karhutla, kata Pohan, yang bersangkutan (pelaku-red) sudah membuat pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat banyak.

"Jadi kami imbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan pembakaran lahan dan hutan, khususnya di wilayah Koramil 01/Rengat. Karena hal itu memberikan dampak yang besar bagi kesehatan dan kemajuan perekonomian di wilayah kita," tegasnya.