Ribuan Ikan Mati di Objek Wisata Danau Raja Rengat Inhu

Ribuan Ikan Mati di Objek Wisata Danau Raja Rengat Inhu

16 Juli 2020
Ribuan ekor ikan jenis nila mati mendadak dan mengambang di atas air di Objek Wisata Danau Raja Rengat.

Ribuan ekor ikan jenis nila mati mendadak dan mengambang di atas air di Objek Wisata Danau Raja Rengat.

RIAU1.COM - Masyarakat di Kelurahan Kampung Dagang, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu, Riau di hebohkan dengan fenomena matinya ribuan ekor ikan di Objek Wisata Danau Raja Rengat.

Untuk mengetahui penyebab kematian ribuan ikan jenis nila itu, awak media mencoba mengkonformasi hal itu kepada Camat Rengat, Sustiono. Camat Rengat, Sustiono membenarkan tentang kejadian langka dan baru sekali ini terjadi di danau yang menjadi ikon Kabupaten Inhu.

"Iya benar, ada ribuan ekor ikan mati mendadak dan mengapung di Objek Wisata Danau Raja," jelas Sustiono.

Dikatakannya, hasil peninjauan tadi siang ke lokasi, bahwa ikan yang mati itu jenis ikan nila. Namun jenis ikan lainnya, yang sengaja di tabur oleh pemerintah daerah ke dalam danau tidak ada yang mati.

"Kalau di putas atau di racun jelas gak mungkin. Sebab ikan jenis lainnya kok gak ada yang mati. Dan kalaupun di putas mau berapa banyak butuh putasnya. Kan Danau Raja itu luas," terang Camat.

Kendati demikian, lanjut Sustiono, pihaknya mengimbau kepada warga sekitar Kota Rengat maupun para pengunjung Objek Wsata Danau Raja Rengat untuk waspada.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu agar dapat mengecek atau di ambil sample air untuk di teliti tentang fenomena langka tetsebut.