Tim Karhutla Inhu Padamkan Lima Titik Api

Tim Karhutla Inhu Padamkan Lima Titik Api

2 Agustus 2021
Tim Karhutla Inhu Padamkan Lima Titik Api

Tim Karhutla Inhu Padamkan Lima Titik Api

RIAU1.COM -Tim Karhutla terpadu Inhu berhasil memadamkan lima titik api di lima lokasi berbeda. Sampai saat ini dipastikan tidak ada lagi titik api (hot spot) yang muncul.

"Berkat kerjasama tim Karhutla, terdiri dari TNI/Polri, KPBD, Manggala Agni, Satpol PP dan MPI, lima titik api berhasil dipadamkan," kata Kepala KPBD Inhu Ergusfian kepada wartawan, Ahad 1 Agustus 2021.

Dikatakannya, tim terpadu terus berjibaku memadamkan lahan yang terbakar di Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau seluas lima hektar sejak Selasa 27 Juli 2021 lalu.

Proses pemadaman hingga pendinginan memerlukan waktu hingga lima hari. Kendati air cukup tersedia tapi karena cuaca panas dan angin kencang, membuat tim bekerja ekstra keras agar api benar-benar padam.

"Selain di Kecamatan Kuala Cenaku, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Pesajian Kecamatan Batang Peranap. Luas lahan yang terbakar lebih kurang satu hektar, dengan kondisi lahan mineral. Begitu pula di Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu, tim terpadu harus berjuang selama dua hari untuk pemadaman dan pendinginan di lahan seluas lima hektar," jelas Ergusfian 


Selanjutnya tim melakukan pemadaman lahan gambut selama di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat selama satu hari dengan luas lahan kurang satu hektar.

Pemadaman dan pendinginan juga dilakukan dilahan masyarakat yang berada di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat dengan luas lebih kurang satu hektar. Dilokasi itu tim berhasil memadamkan api pada hari kedua pemadaman.

"Kendati saat ini semua titik api sudah dapat diatasi dan tidak ada lagi Karhutla, namun tim terpadu Karhutla Inhu tetap siaga dan selalu memantau perkembangan di lapangan. Seluruh personel siap diterjunkan kapan saja jika sewaktu-waktu Karhutla terjadi," kata dia.