Sektor Kuliner Masih Mendominasi Pertumbuhan UMKM di Siak

Sektor Kuliner Masih Mendominasi Pertumbuhan UMKM di Siak

28 Juni 2022
UMKM yang ada di Siak

UMKM yang ada di Siak

RIAU1.COM - Pertumbuhan UMKM di Siak masih didominasi dari sektor kuliner, disusul dengan sektor lainnya seperti kedai kelontong.

Langkah awal Pemkab Siak untuk membangkitkan UMKM saat ini dengan melakukan pendataan dan memantau pertumbuhan UMKM. Untuk tahun depan akan dilaksanakan berbagai program seperti subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan modal dan bimbingan terhadap UMKM dengan melibatkan OPD terkait.

"Tahun ini masih tahap rancangan, bagaimana petunjuk teknisnya, tapi Insya Allah tahun depan sudah jalan. Salah satunya ada subsidi bunga KUR yang bunga pinjamannya dibantu dibayar Pemda, ada juga nanti bantuan sapi bagi kelompok ternak bersinergi dengan Dinas Peternakan," kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Siak melalui Kepala Bidang UMKM, Adi Zulyanto.

Dijelaskan Adi, saat ini pelaku UMKM terbantu dengan program Mata UMKM dari Provinsi Riau. Pelaku UMKM yang telah terdaftar pada aplikasi Mata UMKM mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp1,2 juta.

Saat ini, sebut dia, Pemerintah Kabupaten Siak terus mendorong UMKM dengan berbagai program yang telah dicanangkan untuk memperkuat usaha masyarakat, seperti digitalisasi UMKM dan membantu permodalan.

Namun setelah usai pandemi Covid-19, kondisi itu mulai berbalik arah. Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Siak kian merangkak naik.

"Kita ketahui, pandemi Covid-19 dua tahun terakhir menyebabkan penurunan dan mengancam kelangsungan UMKM khususnya di Siak. Namun saat ini berdasarkan data dari tahun lalu pertumbuhan UMKM di Siak naik jadi 25.000 dari tahun sebelumnya 16.000,"pungkasnya.(Infotorial)