Ilmuwan Temukan Kuil Kuno Berisi Dewa dengan Baju Dari Kulit Manusia

Ilmuwan Temukan Kuil Kuno Berisi Dewa dengan Baju Dari Kulit Manusia

11 Januari 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Belum lama ini, para ilmuwan baru saja menemukan sebuah kuil kuno di Meksiko yang berisi dewa dengan baju dari kulit manusia. Dalam waktu singkat, penemuan ini langsung menghebohkan banyak orang. 

Masyarakat pribumi di Meksiko memang dikenal dengan berbagai dewa yang disembah. Salah satu paling terkenal adalah Xipe Tótec ("Our Lord the Flayed One") yang merupakan simbol kesuburan, regenerasi pertanian, dan pelindung tukang emas, yang biasanya menggunakan jas dari kulit manusia yang mengelupas. 

Setelah cukup sulit untuk ditemukan, pada penggalian terbaru di sebuah situs negara bagian Puebla, ditemukan beberapa representasi dari Xipe Tótec yang menurut Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko, menunjukan keberadaan sebuah kuil yang didedikasikan kepada dewa tersebut. 

Dalam penemuannya, para ilmuwan menemukan sang dewa yang berbentuk dua batu. Yang pertama tengkorak dan yang Iainnya berbentuk bagian tubuh. 

Bersama dengan penemuan ini, para ilmuwan juga mendapat tiga altar pengorbanan yang berada di ruang bawah tanah piramida yang masih ada di dalam kompleks Ndachjian-Tehuacan. 

Ndachjian-Tehuacan merupakan sebuah kota kuno yang dibangun oleh orang Popoloca yang kemudian ditaklukan lagi oleh suku Aztec. 

Dalam kota ini terdapat kuil yang diperkirakan dibangun antara 1.000 dan 1.260 Masehi dalam beberapa tahap pembangunan. 

Pada penjelasannya, kepala arkeolog proyek penggalian ini, Noemi Castillo Tejero mengungkapkan bahwa batu berbentuk bagian tubuh ini dikaitkan dengan dewa karena saat ditemukan, tubuhnya ditutupi oleh kulit korban pengorbanan. 

Hingga saat ini, para ilmuwan masih melakukan penelitian lebih Ianjut mengenai penemuan kuil kuno berisi dewa dengan baju dari kulit manusia ini. Demikian seperti dilansir laman hitekno.com, 8 Januari 2019.