Kenali Muslim Uighur Yang Ditindas Oleh Bangsa China

Kenali Muslim Uighur Yang Ditindas Oleh Bangsa China

17 Desember 2019
Ilustrasi Muslim Uighur [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi Muslim Uighur [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Nama muslim Uighur kembali diperbincangkan setelah dokumen milik China bocor ke publik.

China seperti kebakaran jenggot dan dilaporkan mulai menghancurkan sejumlah dokumen dan mengendalikan arus informasi terkait sikap mereka terhadap etnis minoritas tersebut.

Tahukah bahwa bangsa Uighur merupakan keturunan klan Turki yang hidup di Asia Tengah. Lalu di klaim berada di propinsi Xinjiang, China dinukil dari republika.co.id, Selasa, 17 Desember 2019.

Sejarahnya etnis Uighur sendiri berada di wilayah Uighuristan atau Turkestan Timur.

Bangsa Uighur sudah merdeka dan tinggal di Uighuristan lebih dari 2.000 tahun lalu. Tapi China mengklaim daerah itu warisan sejarahnya dan menganggap tak dapat dipisahkan dari kedaulatan mereka.

Orang Uighur percaya, fakta sejarah menunjukkan klaim orang-orang komunis tersebut tidak berdasar dan sengaja menginterpretasikan sejarah secara salah untuk kepentingan ekspansi wilayahnya mereka.

Uighuristan sendiri merupakan tanah subur seluas 1.500 mil dari Beijing dengan luas 1.6 juta km2 hampir 1/6 wilayah China. 

Sementara Xinjiang sendiri merupakan provinsi terbesar di China. Di utara, tanah Uighur berbatasan dengan Kazakstan, Mongolia di timurlaut, Kirghiztan dan Tajikistan di baratlaut dan Afghanistan-Pakistan di barat daya.

Tahukah bahwa keturunan-keturunan klan Turki di Asia Tengah memiliki asal, bahasa, tradisi dan kebudayaan dan agama yang sama.